KURNIAWAN, SUKSES MANFAATKAN PELUANG BERBISNIS PECEL LELE

RZ LDKO CilegonYOGYAKARTA. Kurniawan Raharjo, merupakan salah satu member binaan RZ di Yogyakarta. Hingga kini, Kurniawan menekuni usaha Pecel Lele yang di daerah Ledoktukangan RT 08/RW 02 Tegal panggung, Danurejann, Yogyakarta. Walaupun dirinya baru berjualan selama 8 bulan, Kurniawan memliki keinginan kuat untuk mengembangkan usahanya.

Awal mula dirinya berjualan, Kurniawan banyak mengalami rintangaan. Mulai dari sulitnya mencari tempat hingga harga bahan yang naik turun. Bahkan Kurniawan pernah hanya mendapatkan penghasilan 300 ribuan sebulan.

Setelah menjadi binaan RZ, dirinya merasa terbantu dalam menjalankan usahanya. Terutama bantuan usaha dan motivasi usaha. “Diawal berjualan, gerobag yang saya gunakan bukan milik sendiri tapi menyewa, sehingga saya harus menyisihkan hasil penjualan untuk bayar sewa,” tutur Kurniawan. (30/11)

Namun saat ini, dirinya memiliki gerobak sendiri atas bantuan dari RZ. Kurniawan kembali menegaskan, bahwa RZ juga telah membantu memberi saya modal usaha, dulu menu yang saya jual terbatas dan tergantung harga pasaran, sekarang saya dapat menjual beberapa menu dan siap menerima pesanan aneka masakan.

“Alhamdulilllah sekarang saya membuka juga Warung Soto ditempat yang sama dilokasi berjualan penyetan hanya waktu buka yang tidak sama. soto buka dari pagi hingga sore dan penyetan buka dari sore hingga malam”, ungkap Kurniawan dengan senyum riang.

Dulu, usahanya bisa mencapai hasil 312 porsi/bulan yang beromset sebesar Rp. 1.872.000, dengan margin Rp. 780.000 sedangkan THP-nya sebesar Rp. 780.000,. “Alhamdulillah, sekarang usaha saya beromset sebesar Rp. 16.440.000, dengan margin Rp. 3.750.000 dan ini pun belum termasuk usaha soto baru saya yang perhari bisa menghasilkan keuntungan kotor Rp. 350.000,- dengan margin Rp. 50.000,” pungkasnya.***

Newsroom/Diki Taufik
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi