MAKANAN PENDONGKRAK ASI

sayuran-hijauBulan Agustus dikenal sebagai bulan ASI yang dikenal dengan World Breastfeeding Week alias Pekan ASI Sedunia.Nah, untuk ikut mendukung Pekan ASI Sedunia, dr. Inge Permadhi, MS.,Sp.GK., dari RS Siloam Hospital memberikan rekomendasi makanan pilihan yang bisa membantu ibu dalam memproduksi ASI.

1. Ikan salmon

Salah satu makanan terbaik untuk ibu menyusui adalah salmon sebab salmon sarat dengan jenis lemak yang disebut dengan DHA. Nah, DHA ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu, DHA dalam ikan salmon juga dipercaya bisa membantu memperbaiki mood ibu menyusui untuk mengurangi risiko baby blues.

2. Yoghurt, Susu dan Keju

Selanjutnya ada produk susu rendah lemak, seperti yoghurt, susu, atau keju kaya akan protein, vitamin B, dan vitamin D. Produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk kamu, ibu menyusui, susu yang kaya akan kandungan kalsium ini bisa membantu pertumbuhan tulang bayi. Saran untuk ibu menyusui, konsumsilah setidaknya tiga cangkir susu setiap hari dalam menu harian.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

Ibu menyusui membutuhkan zat besi yang cukup untuk membantu memproduksi ASI. Jadi, kamu sebaiknya mengonsumsi daging sapi tanpa lemak yang memang kaya akan zat besi. Sebab, kekurangan zat besi bisa membuat kamu lemas apalagi untuk ibu menyusui.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat bermanfaat, terutama untuk vegetarian. Bukan saja mereka kaya akan zat besi tapi juga kaya akan protein berkualitas nonhewani dengan harga yang tidak menguras kantong.

5. Bluberi

Ibu menyusui harus mendapatkan dua atau lebih porsi buah atau jus setiap hari. Bluberi, buah kaya akan antioksidan adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu kamu memenuhi vitamin dan mineral dan karbohidrat.

6. Beras Merah

Untuk ibu menyusui yang ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, pasti akan mengurangi asupan karbohidrat. Tapi, kehilangan berat badan terlalu cepat menyebabkan kamu menghasilkan lebih sedikit ASI dan membuatmu merasa lesu. Makanlah jenis karbohidrat yang sehat, seperti beras coklat atau beras merah atau roti gandum.

7. Jeruk

Mudah ditemukan di mana-mana dan bergizi, jeruk sangat penting karena ibu menyusui membutuhkan vitamin C dosis tinggi, bahkan lebih banyak daripada ibu hamil. Tidak dapat menemukan waktu untuk duduk untuk mengupas jeruk? Minum jus jeruk juga memberikan manfaat yang sama.

8. Telur

Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D – nutrisi penting untuk menjaga tulangmu tetap kuat dan membantu tulang bayi tumbuh. Selain itu, telur adalah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui. Siapkan telur dadar untuk sarapan dengan roti gandum, atau tambahkan telur rebus untuk camilan sore hari.

9. Roti Gandum

Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi pada tahap awal kehamilan. Selain itu, asam folat juga penting bagi bayi. Pastikan dalam ASI mengandung cukup asam folat. Salah satu sumber terbaik dari asam folat adalah roti gandum, yang juga dapat menyumbangkan kebutuhan serat dan zat besi untuk ibu menyusui.

10. Sayuran Hijau

Banyak sekali manfaat dari sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kangkung dan brokoli. Sayuran hijau sangat kaya dengan vitamin A, yang perlu bayi dapatkan dari ASI. Sayuran juga merupakan sumber kalsium nonsusu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori.

11. Sereal
Sarapan sehat dengan sereal gandum mampu membantu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang bergadang menjaga bayi. Tambahkan susu rendah lemak dan buah-buahan ke dalam sereal untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian kamu.

12. Air
Dehidrasi menurunkan tingkat energi seseorang secara drastis. Untuk menjaga tingkat energi dan produksi ASI, pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik. Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 8 gelas air putih per hari.

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi