MASYARAKAT TERNAK NUSANTARA BERSAMA RZ LUNCURKAN PEMBERDAYAAN KELINCI DI ICD CIBALUNG

MASYARAKAT TERNAK NUSANTARA BERSAMA RZ LUNCURKAN PEMBERDAYAAN KELINCI DI ICD CIBALUNGCILACAP. Wilayah Cibalung merupakan salah satu desa di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap dengan hampir 80% deretan pegunungan. Kondisi ini merupakan keunggulan tersendiri karena tersimpan potensi yang beragam, diantaranya bidang peternakan.

Pegunungan dengan sumber pakan yang melimpah menjadi modal awal untuk mengembangkan potensi peternakan. Masyarakat Ternak Nusantara (MTN) bersama RZ mencoba untuk mengembangkan potensi tersebut dengan meluncurkan Program Pemberdayaan Ternak Kelinci.

Kelinci merupakan salah satu komoditi ternak yang mudah di kembangkan, hampir sama dengan kambing. Bedanya ternak kelinci membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk pengembangannya.

“Saya pernah diminta untuk mengirim 800 ekor kelinci konsumsi ke Jogja, tapi saya hanya bisa menyediakan 200 karena terbatasnya peternak kelinci di wilayah Cilacap bagian barat termasuk Kecamatan Cimanggu.” ungkap Pak Suswanto, bandar kelinci saat Relawan Inspirasi RZ mengunjungi kandangnya untuk berguru ilmu ternak kelinci.

Ini menunjukkan akan tingginya permintaan daging konsumsi di pasaran, sedangkan stok kelinci kurang dikarenakan belum banyak yang berminat mengembangkan ternak ini.

Melihat peluang ini dipadukan dengan melimpahnya sumber daya alam di Desa Cibalung, Relawan Inspirasi RZ mencoba untuk menggerakkan masyarakat dengan meluncurkan Program Ternak Kelinci Konsumsi dengan tujuan akan muncul peternak – peternak kelinci yang nantinya dapat membantu perekonomiaan para pembudidaya.

 

 

Newsroom/Rico Ayatul Yuza
Cilacap

Tags :
Konfirmasi Donasi