MEMBUAT CELENGAN DARI KOTAK BEKAS

RZ membuat celengan dari kotak bekasJAKARTA. Suasana terik di tengah panasnya Kota Jakarta tidak menjadi hambatan bagi relawan  RZ (Rumah Zakat) Jakarta Timur untuk melakukan pelatihan kewirausahaan dan pengolahan barang bekas di Rusun Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat. Senyum ceria anak-anak TPA Mesjid Al-hidayah turut mencairkan suasana siang itu.

Alhamdulillah relawan RZ hari ini mengadakan pelatihan kewirausahaan dan pengolahan barang bekas berupa daur ulang kotak susu bekas untuk dijadikan celengan,” ujar Nur Atikah korwil relawan RZ Jakarta Timur, Minggu (27/4).

Dalam acara tersebut Kepala Sekolah TPA Al-hidayah juga memberikan penyuluhan mengenai kewirausahaan bagi 35 Anak TPA. Setelah itu acara dilanjutkan dengan daur ulang kotak susu bekas menjadi celengan.

“Langkah pertama kotak susu bekas dicuci kemudian penutupnya dibuka, lalu ditempeli lem kayu dengan perbandingan 200 miligram lem kayu ditambah 40 mililiter air untuk selanjutnya lem tersebut dioleskan di kotak susu, dan terakhir kotak susu ditempeli kertas kado ukuran lebar 29 cm dan panjang 30 cm,” ujar Atikah.

Dengan adanya acara ini diharapkan anak-anak TPA bisa belajar berwirausaha serta mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat. Selain itu, dengan adanya celengan ini, anak-anak TPA dapat mulai menyisihkan uangnya untuk ditabung.***

Newsroom/Sri Agustina
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi