MENENGOK PERPUSTAKAAN SAMPAH DI DESA BERDAYA PAMOYANAN BOGOR

BOGOR. (30/01) Kondisi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di Desa Berdaya Pamoyanan Bogor Selatan Kota Bogor sudah mulai lengkap. Berbagai macam fasilitas mulai dari buku, permainan anak, komputer hingga saung baca sudah tersedia untuk digunakan para pengunjung.

Taman bacaan yang didirikan oleh Elan Jaelani, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat ini disebut juga perpustakaan sampah, karena para pengunjung yang ingin membaca buku atau pinjam buku harus membawa sampah.

“Jadi para pengunjung harus membawa sampah untuk bisa baca buku atau pinjam buku, nanti sampahnya akan dijual dan hasilnya dugunakan untuk operasional perpustakaan,”ujar Elan.

Elan menjelaskan, berdirinya taman baca tersebut tak lepas dari keresahan yang muncul di masyarakat desa berdaya Pamoyanan akan menurunnya minat baca terutama kalangan anak-anak.

“Desa Berdaya Pamoyanan ini kan salah satu binaan Rumah Zakat. Nah, kami resah karena sampai waktu itu,belum ada taman baca,” kata  Elan Ahad (28/1).

Berangkat dari hal itu, ujar Elan, pihaknya kemudian berusaha untuk mendirikan TBM Perpustakaan Sampah dan membuat tim yang terdiri dari lima orang anak SMP & SMA untuk memaksimalkan peran TBM.

“Rumah Zakat membangunkan saung baca alhamdulillah karena lokasi TBM sebelumnya sudah sempit karena banyaknya buku dan lain-lain” tambah Elan.

Sampai saat ini, lebih dari 1.000  buku ada di TBM Perpustakaan Sampah. Jumlah tersebut diakui Elan membuat TBM Perpustakaan Sampah surplus dan mulai memberikan buku-buku ke taman baca lain yang membutuhkan.

Newsroom/ Dani Suhardi

Bogor

Tags :
Konfirmasi Donasi