MENUJU KEMANDIRIAN LEWAT PELESTARIAN LINGKUNGAN

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Wilayah ICD Tebing Tinggi Okura, terletak di Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau. ICD ini berdiri sejak 2010. Pada mulanya program yang digalakan bersifat charity, seperti program pelatihan skill produktif, penyaluran bantuan usaha untuk program ekonomi dan majelis taklim. Pada 2013 dibentuklah kelompok Posyandu sebagai implementasi dari penyaluran senyum sehat. Kelompok posyandu ini yang terdiri dari ibu-ibu setempat. Kini posyandu mawar tersebut sudah memiliki bangunan sendiri dengan jumlah partisipan sebanyak 20 orang. Adapun kegiatan penimbangan balita dan pemberian makanan tambahan, dilakukan pada tanggal 23 setiap bulannya.

Pada tahun 2014 barulah program pemberdayaan RZ berubah menjadi program yang bersifat kemandirian lingkungan dan ekonomi seperti bank sampah. Sedangkan di bidang kesehatan menjadi program yang bersifat preventif seperti kebun gizi dan pembinaan PHBS. Kedua program tersebut diimplementasikan bersama member of RZ, yaitu Mandiri Daya Insani dan Cita Sehat Foundation.

Berangkat akan keprihatinan banyaknya sampah di lingkungan kelurahan Tebing Tinggi Okura, terbentuklah kelompok Bank Sampah Okura Clean Community, yang kini terdiri dari 13 anggota kelompok. Kegiatan yang dilakukan kelompok ini antara lain memilah sampah, mengolah sampah an organik menjadi kerajinan, dan sampah organik menjadi pupuk. Mereka juga membuat biopori sebagai peresapan air yang menggenang sekaligus difungsikan untuk pembuatan kompos. Selain diberikan pengetahuan tentang pengelolaan sampah, mereka juga diberikan pembinaan keagamaan setiap hari Rabu.

Adapun program kebun gizi diikuti oleh 11 orang warga. Kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan urban farming dan edukasi pada warga tentang cara-cara produktif menjaga dan melestarikan lingkungan dengan memanfaat tempat kecil di pekarangan untuk menanam tanaman menggunakan. Dengan menanam tanaman yang bernilai gizi, diharapkan setiap keluarga dapat dengan mudah mengakses pemenuhan gizi untuk keluarganya. Setelah panen tanaman ini bukan hanya bisa dikonsumsi oleh keluarga tapi juga bisa dijual untuk menambah keuangan keluarga.***

Newsroom/RZ Magz #16 Januari 2015

Tags :
Konfirmasi Donasi