MERINTIS PROGRAM SEDEKAH SAMPAH DI POSYANDU MELATI KUBANGSARI

BREBES. (20/03) Salah satu program bidang kesehatan di Desa Berdaya Kubangsari adalah Pendampingan Posyandu, Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya Kubangsari melakukan pendampingan mulai dari pemberian makanan tambahan, pemeriksaan tumbuh kembang balita, ibu hamil dan pelatihan kader posyandu.

Ada yang berbeda pada posyandu bulan Maret ini. Karena setiap ibu yang datang ke posyandu, mereka membawa sampah. Itu dikarenakan ibu-ibu sedang melaksanakan program sedekah sampah yang diinisiasi Fasilitator Rumah Zakat, Neni Nuraeni.

Seperti diketahui, Di posyandu Melati 5 yang berada di RW.08 Desa Kubangsari Kecamatan Ketanggungan, Fasilitator Desa Berdaya menginisiasi program “Sedekah Sampah” yang bertujuan untuk mendorong masyarakat sekitar turut aktif dalam keberlangsungan kegiatan posyandu sekaligus menjaga kebersihan lingkungan. Program
ini sudah disosialisasikan pada pelaksanaan Posyandu sebelumnya.

“Semoga dengan adanya Sedekah Sampah disini, selain membuat lingkungan bersih juga sampah-sampah yang terkumpul bisa dijual untuk menambah PMT dan operasional kegiatan posyandu”, ungkap Neni (30th) selaku Fasilitator Desa Berdaya Kubangsari.

Pembinaan dan sosialisasi terus dilakukan di posyandu ini, terutama para kader posyandu agar mereka bisa mengelola program sedekah sampah ini dengan baik.

“Saya berterima kasih kepada Rumah Zakat dan Mbak Neni yang sudah mendampingi posyandu kami, Alhamdulillah dengan adanya pendampingan ini posyandu kami bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan PMT pun lebih bervariatif” Ibu Rina selaku Bidan Desa Kubangsari.

Bidan Rinapun berharap dengan adanya program sedekah sampah ini mampu memahamkan kepada masyarakat bahwa posyandu itu ada karena kebutuhan masyarakat itu sendiri, sehingga semua masyarakat merasa memiliki.

Newsroom
Asih Dwi/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi