MIELING POE BASA INDUNG DI SMP JUARA BANDUNG

MIELING POE BASA INDUNG DI SMP JUARA BANDUNGBANDUNG. Hari Bahasa Ibu Internasional adalah peringatan tahunan yang diselenggarakan di seluruh dunia pada 21 Februari sejak tahun 2000 untuk mempromosikan perdamaian, kesadaran linguistik, keanekaragaman budaya dan multibahasa. Hari Bahasa Ibu Internasional pertama kali ditetapkan oleh UNESCO pada 17 November 1999, yang kemudian secara resmi diakui dalam Sidang Umum PBB dan dimuat dalam resolusi pada tahun 2008.

Untuk memperingati hal tersebut SMP Juara Bandung menggelar kegiatan peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional dengan judul ” Mieling Poe Basa Indung”. Di SMP Juara bahasa yang diangkat adalah bahasa sunda karena B.sunda adalah bahasa ibu para siswa SMP Juara Bandung.

Bertempat di lapangan sekolah, seluruh siswa sekolah kelas 7-9 disuguhkan beberapa penampilan yang bernuansa bahasa dan bahasa Sunda. Diantaranya adalah penampilan Arumba Lingkung Seni dan Budaya SMP Juara Bandung, dongeng Si Kabayan dari Ginanjar Rahayu , guru basa Sunda, dan pidato kebudayaan dari Agung Nuryadi, serta dari Wakasek Kesiswaan mengenai tatakrama Sunda.

Kegiatan dipandu oleh Tresna Puja Lestari, guru Bahasa Indonesia dengan menggunakan Basa Sunda sebagai bahasa pengantar. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari seluruh civitas sekolah SMP Juara Bandung salah satunya dari Hafidz Fadhillah Shidiq, siswa kelas 9 ini mengungkapkan “Saya merasa senang dengan peringatan hari bahasa ibu. Karena bisa mengetahui mengapa tgl 21 Februari diperingati sebagai hari ibu” jawabnya seusai kegiatan selesai.

Tresna Puja Lestari, guru Bahasa Indonesia sekaligus pembina lingkung seni dan budaya mengharapkan siswa SMP Juara Bandung dapat melestarikan Basa Sunda sebagai bahasa ibu sekaligus budaya bangsa Indonesia yang agung.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi