PANEN LELE BUAH KESABARAN TIGA REMAJA MASJID

INDRAMAYU. Minggu (17/09), “Alhamdulillah,” itulah yang pertama kali Asih Mayasari, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Kertasemaya ucapkan, sebagai ungkapan syukur untuk tiga pemuda remaja masjid ini. Mereka adalah Abel, Obi dan Feri, ketiga orang ini sedang asyik memanen Ikan lele, bantuan dari Rumah Zakat beberapa bulan yang lalu.

Meskipun ada sedikit kekecewaan karena dari jumlah 250 ekor bibit lele yang ditebar dengan pemberian pakan rutin hanya setengahnya yang bisa di panen. Meski demikian mereka tetap bersyukur. Jumlah lele yang berkurang kemungkinan karena ular air yang banyak memangsa bibit lele sebelum dipanen.

Umi, begitu sapaan anak-anak pada Asih Mayasari, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat selalu memberikan semangat pada mereka bertiga. Tiga anak SMA ini ditengah kesibukan bersekolah, masih menyempatkan diri untuk memulai budidaya Ikan Lele.

“lumayan cape nguras kolam lele tapi senang ummi, karena bisa panen juga. Meski banyak lele yang hilang,” tutur Obi dengan perasaan syukurnya meski dengan keringat yang bercucuran.

Asih mengharapkan semoga usaha ini menjadi langkah awal bagi para remaja untuk memiliki ketrampilan hidup, mendapat pengalaman berharga bahwa setiap keinginan perlu sebuah usaha dan kerja keras bukan ujug-ujug atau produk instan. Sebagai hadiah dari hasil kerja mereka. Mereka boleh membesarkan kembali lele hasil panen mereka di kolam terpal yang lebih aman dari gangguan ular air, yuyu (kepiting) dan predator lainnya.

Tambahnya, Mereka juga akan diperbolehkan menyiapkan kembali kolam yang sudah dikuras untuk ditanami kembali bibit lele dan nila yang sudah dipersiapkan. Semoga tetap dalam sabar dan syukur, sehingga semua terasa berkah.

Newsroom/kuna
Indramayu

Tags :
Konfirmasi Donasi