PANEN PERDANA MENTIMUN BU HARTATI BINAAN RUMAH ZAKAT DI ACEH UTARA

ACEH UTARA. Jumat (03/11) Muhammad Surya, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat dan Bu Hartari memanen perdana mentimun di Desa Berdaya Guha Uleue, Aceh Utara.

Rumah Zakat melalui program Senyum Lestari bergerak memanfaatkan lahan kosong dipekarangan Rumah Bu Hartati sekitar Desa Guha Uleue dengan ditanami berbagai macam sayur dan tanaman. Sayur dan tanaman yang ditanam tersebut bisa bermanfaat untuk dikonsumsi warga maupun untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pertama kali bertemu Fasilitator Rumah Zakat, Ibu Hartati sudah berputus asa dengan tanaman cabe miliknya yang diserang hama penyakit keriting daun. Sehingga semua cabe yang sudah ditanam sebanyak 1.500 batang semuanya terkena penyakit keriting daun.

Fasilitator senantiasa memberikan motivasi kepada Bu Hartati untuk terus berusaha dan menanam kembali tanaman lain yang cepat berbuah. Lewat Pendampingan Surya, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat akhirnya Bu Hartati pun semangat lagi untuk berkebun dengan menanam mentimun. Rumah Zakat juga membantu penyediaan benih mentimun dan bahan pembasmi hama untuknya.

Hasilnya Alhamdulillah panen perdana mentimun berjalan lancar dan hasilnya dibawa ke pengumpul mentimun. “Sore yang cerah menghasilkan berkah, terima kasih Rumah Zakat sudah membantu kami sehingga kami bisa menjual hasil panen ini ke pasar.” Tutur Bu Hartati.

Newsroom/Kuna
Aceh Utara

Tags :
Konfirmasi Donasi