PEDULI TERHADAP LANSIA, RUMAH ZAKAT MELAUNCHING “KAMPUS CARE GIVER”

BANTUL (29/10). Yogyakarta merupakan Kota yang mempunyai Umur harapan hidup (UHH) yang tinggi di indonesia, sehingga proporsi lansia di Yogyakarta paling tinggi di Indonesia. Issue lansia ini menjadi penting untuk diperhatikan baik dari masyarakat umum dan pemerintah di Yogyakarta.

Lansia adalah proses yang akan dihadapi oleh setiap orang. Proses tersebut akan menimbulkan beberapa dampak pada fisik, kesehatan dan psikologis dan hal tersebut tidak bisa dihindari, tetapi kita bisa mengantisipasi agar dampak tersebut dapat kita minimalkan dan menjadikan lansia tetap sehat dan bahagia di masa tuanya.

Banyak peranan yang lansia butuhkan agar tetap sehat dan bahagia, salah satunya adalah peranan keluarga. Salah satu yang bisa di lakukan oleh keluarga adalah merawat lansia dengan baik, sehingga lansia juga merasakan kepedulian keluarganya dan membuat lansia merasa diperhatikan. Karena keluarga adalah orang terdekat bagi lansia. Hal ini akan berdampak pada psikologis pada lansia.

Atas dasar itu, Rumah Zakat membuat Kampus Care Giver untuk melatih masyarakat untuk bisa merawat lansia dengan baik. Kegiatan ini dimulai dengan melatih keluarga yang mempunyai lansia di rumahnya dan memberikan pengetahuan baik secara kesehatan fisik maupun psikologis dalam merawat lansia.

Sorowajan, Pedukuhan Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul adalah salah satu kelas kampus care giver yang di adakan oleh Rumah Zakat bersama ibu kader posyandu kenanga III dan volunteer dusun ramah lansia Rumah Zakat. Kegiatan ini di hadiri juga oleh perwakilan Kecamatan Sewon dan kelurahan panggungharjo.

“Kami selaku pemerintah desa Panggungharjo sangat senang sekali dengan acara yang di adakan oleh Rumah Zakat karena mengajak warganya untuk peduli terhadap lansia. dan harapan kami acara ini dapat menular ke seluruh dusun yang ada di kelurahan panggungharjo” ungkap bapak Hosni Bimo Wicaksono.

Pada kesempatan pembukaan ini, para peserta mendapatkan materi pertama berupa peran keluarga dalam merawat lansia yang di sampaikan oleh Ratna Kusuma selaku Manager Klinik Ramah Lansia Rumah Zakat Yogyakarta.

“Dukungan keluarga dan sosial adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup lansia, oleh karena itu kami memfasilitasi peningkatan pengetahuan masyarakat tentang hal tersbut melalui Kampus Care Giver. “Pungkas Rata Kusuma dalam materinya.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi