PEKAN BERBAGI SENYUM, PERLUAS RELASI BINAAN RZ

pekan-barbagi-senyum-perluas-relasi-binaan-rzJAKARTA. Kegiatan Pekan Berbagi Senyum (PBS) kembali hadir di wilayah ICD Jatinegaran Kaum pada (19/12). Relawan PBS yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah mahasiswa, Zikrila Noviyani dan Cikalifia, mereka berkunjung ke salah satu member usaha binaan RZ di bidang kuliner yaitu kue sus dan risoles di Jl. Mahoni Raya No 9, RT 08 RW 09, Kelurahan Kayu Putih, Kec Pulogadung, Jakarta Timur.

Di sana, para peserta bertemu dengan member usaha binaan RZ yaitu Mba Haifa yang telah merintis usaha kue sus (kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla yang terbuat dari susu) sejak tahun 2014. Selama 2 tahun beliau memasarkan dagangannya ke beberapa warung, toko dan pasar sekitar. Pesanan demi pesanan beliau layani hingga saat ini, mendapat omzet usaha mencapai Rp 15.000.000 per bulan.

Haifa masih berusia sangat muda, di usianya menginjak 21 tahun beliau telah mampu menghidupi saudara dan kedua orang tuanya dengan merintis usahanya tersebut. “Setelah lulus sekolah sudah kepikiran untuk berjualan, awalnya ingin dapat penghasilan untuk biaya kuliah tapi karena waktu memproduksi kue dan berjualan cukup menyita waktu jadi mengurungkan niat untuk kuliah lagi terus fokus bantu keuangan keluarga,” jelas Haifa.

Nurdin, selaku fasilitator RZ yang membina ekonomi masyarakat wilayah Jatinegara Kaum menyampaikan bahwa terdapat 35 member usaha yang kini terbina. “Saat ini member usaha yang saya bina mencapai 35 member, dimana setiap member pernah mendapatkan bantuan modal usaha dan peralatan produksi dari donatur RZ,” tutur Nurdin.

Nurdin menambahkan, dengan adanya kegiatan Pekan Berbagi Senyum (PBS) dapat menambah koneksi bagi member usaha yang dibina. Selain itu member juga dapat tukar informasi dari setiap peserta yang hadir atau berkunjung, hal tersebut dapat menambah pengetahuan member dalam menjalankan usahanya.

“Alhamdulilah, ikut acara PBS dapat menambah ilmu dan kenalan salah satunya dengan Mba Haifa dan rekan-rekan RZ. Belajar buat kue sus merupakan pengalaman pertama kali… ,“ tutur Zikrila Noviyani selaku salah satu peserta PBS.

Kegiatan Pekan Berbagi Senyum (PBS) diakhiri dengan proses produksi kue sus yang dibuat oleh para peserta langsung.

Newsroom/Yadi Mulyadi
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi