PEKAN BERBAGI SENYUM : KAK NADYA DAN PASUKAN OPERASI SEMUT SD JUARA JAKARTA TIMUR

JAPEKAN BERBAGI SENYUM  KAK NADYA DAN PASUKAN OPERASI SEMUT SD JUARA JAKARTA TIMURKARTA. (26/04) Dalam Program Berbagi Senyum (PBS) kali ini, SD Juara Jakarta Timur didatangi seorang aktivis lingkungan hidup yang bernama Kak Nadya Maulina. “Kak Nadya”, begitu anak-anak menyapanya dengan akrab dan hangat.

Sebagai aktivis lingkungan hidup, Kak Nadya pernah bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup, bahkan beliau pernah melalang buana ke berbagai daerah untuk menyelam dan menelusuri keindahan alam. Demikian pedulinya Kak Nadya terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan.

Ketika Kak Nadya memasuki lingkungan sekitar SD Juara Jakarta Timur, yang gedung sederhananya berdiri kokoh di antara lorong-lorong gang yang sebelah kanan-kirinya rumah-rumah kontrakan. Terlihat olehnya kondisi selokan di sekitar rumah-rumah penduduk berisikan sampah. Hal tersebut kian menelisik hati beliau. Kak Nadya pun bertambah semangat memberikan pencerahan kepada anak-anak SD Juara Jakarta Timur tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

Kak Nadya berbagi kepada siswa selama 2 sesi pertemuan. Sesi pertama Kak Nadya berbagi inspirasi kepada siswa kelas 4 (Imam Abu Dawud) dan sesi berikutnya kelas 2 (Imam Muslim). Kak Nadya pun sudah mempersiapkan media pembelajaran berupa gambar 2 dimensi tentang laut dan keindahan alam. “Wah, bagi dong Kak gambarnya!” Teriak Ammar siswa kelas 2 (Imam Muslim) begitu mengagumi 2 gambar yang ditempel di papan tulis.

Setelah mendisplay media pembelajaran, Kak Nadya mengajak siswa Juara melakukan simulasi Operasi Semut lalu bermain peran (role play) tentang persahabatan yang saling mengingati tentang kebersihan. Bahkan, Kak Nadya mengajak siswa Juara untuk menjadi duta kebersihan dan senantiasa mengingatkan teman dengan kata-kata tidak langsung atau bahasa santun.

Di akhir pembelajaran ditutup dengan foto bersama. Tak lupa pula pihak sekolah memberikan cinderamata Karya Juara kepada Kak Nadya.
“Wah, semoga dengan hadirnya Kak Nadya dan para donatur yang berbagi, bisa menginspirasi anak-anak Juara untuk bisa inspiratif seperti mereka,” ujar Bu Adhes, LSU SD Juara Jakarta Timur.

Newsroom/Yadi Mulyadi
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi