PEMBINAAN WIRAUSAHA UNTUK UKM BINAAN RUMAH ZAKAT CIMAHI

CIMAHI. Rumah Zakat sebagai lembaga zakat yang mempunyai misi membangun kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan secara produktif tentunya mempunyai target besar yaitu mencetak 1500 keluarga mandiri.

Oleh karenanya demi mendukung terwujudnya keluarga mandiri maka Rumah Zakat melaksanakan pemberdayaan wirausaha untuk UKM binaan Rumah Zakat cabang Cimahi dalam bentuk pelatihan motivasi wirausaha pada hari Senin (4/7). Bertempat di kedai mie baso kocok binaan Rumah Zakat yang berlokasi di Kelurahan Karang Mekar Cimahi Tengah.

Kegiatan pemberdayaan ini dihadiri oleh 11 pengusaha kecil dan menengah binaan Rumah Zakat cabangCimahi yang terdiri dari berbagai macam jenis usaha. Sebut saja Sutrisno yang saat ini bergelut di jenis usaha keripik basreng dan keripik pisang. Lalu ada Yardi untuk usaha produksi keripik bayam dan sale pisang, Tom Yulianto untuk usaha tempe crispy. Selain itu juga selain dibidang kuliner, UKM binaan Rumah Zakat ini juga ada yang bergerak dibidang konveksi dan pembuatan kerajinan dari kayu.

Hal terpenting dalam pemberdayaan ini adalah pemaparan terkait kemandirian keluarga yang dibawakan oleh Rahmadian dari bidang pemberdayaan masyarakat. Materi yang disampaikan tentangprogram-program kemasyarakatan yang dapat mewujudkan masyarakat mandiri dan motivasi bahwa semua orang berhak untuk mencapai kesuksesan. Dalam materi ini juga dipaparkan success story kemandirian yang telah dilakukan oleh Rumah Zakat terhadap para binaannya.

Diakhir kegiatan ini terbentuklah sebuah organisasi kelompok usaha mandiri yang dipimpin oleh Asep Imam dibidang usaha aneka keripik pedas.  Semoga dengan adanya kelompok usaha mandiri ini dapat bersama mewujudkan keluarga mandiri di wilayah Cimahi. ***

Newsroom/Akhmad Nur Rahmadian
Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi