PEMERINTAH KOTA DEPOK GANDENG RUMAH ZAKAT CIPTAKAN KOTA RAMAH LANSIA

PEMERINTAH KOTA DEPOK GANDENG RUMAH ZAKAT CIPTAKAN KOTA RAMAH LANSIADEPOK. Senin, (08/05) Rumah Zakat menggelar diskusi dengan pemerintah Kota Depok untuk bersinergi mengadakan berbagai program kesehatan. Diskusi yang dihadiri oleh Walikota Depok tersebut diselenggarakan di Gedung PKK Balaikota Depok.

“Saat ini terdapat berbagai regulasi yang mendukung berkembangnya program kesehatan di Depok, terutama terkait program ramah anak, ramah lansia, hingga ketahanan keluarga. Beliau juga menuturkan bahwa program-program tersebut tidak semata untuk menyuapi masyarakat, namun diharapkan dapat memberdayakan seluruh lapisan masyarakat agar timbul kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungannya.” Jelas Elly, Walikota Depok.

Kurang lebih selama satu tahun, Elly sudah melaksanakan banyak kegiatan penunjang program, seperti seminar parenting, program sapa lansia, care giver training, mengadakan berbagai pelatihan bagi dewasa dan anak-anak hingga rencana ke depan untuk mengupayakan terbentuknya posyandu multifungsi yang terintegrasi. Selain itu terdapat pemberdayaan WRSE (Wanita Rentan Sosial Ekonomi) seperti single parent, dan daycare bagi lansia.

Menanggapi hal tersebut Rumah Zakat sebagai bagian dari mitra pemerintah berupaya untuk membantu mewujudkan peningkatan kesehatan lansia. Salah satu caranya dengan melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap lansia. “Sinergitas bisa kita lakukan, diantaranya pendampingan Posbindu atau Posyandu bagi lansia, serta pelatihan care giver, “ tutur Dwi Endah, Senior Manager Cita Sehat.

Hal tersebut disambut baik oleh Walikota Depok, terbukti dengan merekomendasikan beberapa tempat untuk bersinergi dalam pelaksanaan program kesehatan yaitu dengan mengunjungi daerah padat penduduk.

“Semoga dengan adanya kebijakan mengenai kota ramah lansia bisa diwujudkan melalui pembinaan dan pendampingan kelompok di tingkat kelurahan yang berkerjasama dengan Rumah Zakat. “ tutur Elly di akhir diskusi.

Newsroom/Dian Ekawati

Depok

Tags :
Konfirmasi Donasi