PENDIDIKAN DASAR RELAWAN RUMAH ZAKAT CABANG MEDAN

MEDAN. Dalam menyongsong hari Sumpah Pemuda Rumah Zakat cabang Medan mengadakan kegiatan pendidikan dasar kerelawanan. Kegiatan diksar relawan ini sebagai bentuk wujud kepedulian anak muda untuk bisa saling berbagi dan membantu sesamanya. Sebanyak 14 calon relawan angkatan 5 dan 6 Rumah Zakat cabang Medan mengikuti kegiatan diksar relawan Rumah Zakat cabang Medan di PTP 4 Bumi Perkemahan Sibolangit.

Diksar Relawan dilaksanakan Sabtu-Minggu (8-9/10). Acara ini merupakan rangkaian puncak dari proses rekrutmen para calon pemberdaya yang akan mendampingi proses kemandirian member Rumah Zakat maupun persiapan sebagai tim Aksi Siaga Bencana apabila terjadi bencana di Indonesia. Peserta diksar berangkat dari Rumah Bersalin Gratiis Rumah Zakat cabang Medan yang dilepas oleh Branch Manager Rumah Zakat cabang Medan Wahyudi Lubis. Selama diksar, relawan akan diberi bekal materi diantaranya : materi pendampingan, materi dapur umum, manajemen bencana dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), materi nafigasi bagaimana membaca kompas, kegiatan outbond dan materi penunjang lainnya. “Sebelum mengiktui diksar, para calon relawan dibekali beberapa tahapan yaitu : rekrutmen, kegiatan kampus relawan, serta dilibatkan juga dalam aksi bencana banjir yang ada di Kota Medan,” ungkap Koordinator Relawan Nurmala Sari.

Para relawan yang direkrut berasal dari berbagai kalangan diantaranya merupakan mahasiswa dari berbagai kampus yang berbeda. “Saya sangat senang bisa bergabung dalam kegiatan diksar relawan karena selain mendapat ilmu juga melatih saya dalam menangani bencana dan meningkatkan kegiatan selain di kampus,” ujar calon relawan Lastri. Setelah mengikuti kegiatan diksar para calon relawan diharapakan memiliki bekal untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat yang akan dibantu, serta siap untuk diturunkan dalam kegiatan Aksi Bencana yang dilakukan oleh Rumah Zakat apabila terjadi bencana. ***

Newsroom/Anggara Mansursyah
Medan

   

Tags :
Konfirmasi Donasi