PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK, MATERI PARENTING SCHOOL SMP JUARA PEKANBARU

PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK, MATERI PARENTING SCHOOL SMP JUARA PEKANBARUPEKANBARU. (19/05) SMP Juara Pekanbaru kembali melaksanakan agenda bulanan yaitu Parenting School. Pada kegiatan ini materi yang diberikan adalah ‘Peran Ayah dalam Pendidikan Anak’. Materi ini disampaikan dalam rangka meningkatkan peran ayah dalam menciptakan anak yang berakhlak mulia.

Adapun pemateri dalam kegiatan kali ini adalah Dekan Fakultas Psikologi UIR (Universitas Islam Riau) yaitu Bapak Sigit Nugroho, M.Psi. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh orang tua siswa Juara, dan dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan 10.30 WIB.

“Jika kita lihat dalam Al-Qur’an banyak model pendidikan yang dilakukan ayah, seperti pada kisah para nabi. Namun faktanya ibu-ibu lah yang banyak yang mendidik. Dalam pendidikan itu diperlukan kerja samanya agar pertumbuhan anak optimal. Peran ayah dan ibu sama pentingnya dalam mengasuh serta mendidik anak. Pengasuhan ayah dan ibu secara seimbang terhadap anak akan membentuk perilaku positif anak.” jelas Pak Sigit di sela pemaparannya.

Oleh sebab itu, dalam urusan keluarga ini hendaknya seorang ayah harus belajar dari Luqman, seorang pemuda yang diabadikan namanya dalam Al-Qur’an. Sikap-sikap Luqman haruslah dimiliki oleh setiap ayah di dunia ini, agar bisa menjadi ayah yang baik. Tujuannya tentu bukan untuk pamer kehebatan, melainkan untuk kepentingan keluarga terutama masa depan anak.

Selain itu, ayah memiliki peran dalam membentuk kepribadian anak. Orang tua merupakan teladan pertama dalam pembentukan kepribadian anak, khusunya ayah. Ayah merupakan tokoh yang sangat dibanggakan oleh anak. Anak pasti akan bercerita sosok ayahnya terhadap teman-temannya.

Oleh sebab itu, peran ayah sangatlah penting dalam membentuk pribadi seorang anak. Apalagi ayah merupakan pemimpin dalam keluarga yang selalu dipandang hebat oleh anak-anaknya.

“Kegiatan ini bagian dari proses pelibatan orang tua dalam membina dan menciptkan siswa Juara. Kita berharap orang tua mau bekerja sama dengan sekolah untuk membina anak-anak.” ucap Syahrul Padilah, kepala sekolah SMP Jauar Pekanbaru.

Kegiatan akhiri dengan pemberian hadiah kepada orang tua siswa yang berprestasi dalam mengikuti kegiatan parenting school. Kegiatan parenting kali ini merupakan kegiatan terakhir di semester genap sebelum menyambut bulan suci Ramadhan.

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi