PIANIKA DAN KOLINTANG WARNAI UTS SISWA SD JUARA CILEGON

PIANIKA DAN KOLINTANG WARNAI UTS SBdP SISWA SD JUARA CILEGONCILEGON. Kecerdasan multipel atau multiple inteligensia adalah berbagai jenis kecerdasan yang dapat dikembangkan pada anak. Kecerdasan tersebut antara lain verbal-linguistic, logical-mathematical, visual spatial, bodily-kinesthetic, musical, intrapersonal, interpersonal, naturalist. Adapun kecerdasan musik merupakan kemampuan memahami, membedakan, mengubah dan mengungkapkan bentuk-bentuk musikal. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada irama, pola titi nada dan melodi, dan warna nada atau warna suara lagu. Seseorang yang memiliki kecerdasan musik yang tinggi memiliki kemampuan yang baik dalam bernyanyi, bersenandung, dan bersiul atau bersuara-suara kecil, memainkan sebuah lagu, menggerak-gerakkan tubuh sesuai irama atau ikut bernyanyi dan memainkan alat musik.

Dalam hal ini SD Juara Cilegon memasukan tes kecerdasan musikal ke dalam Ujian Tengah Semester (UTS), dengan adanya tes alat musik yaitu pianika dan kolintang sebagai salah satu bahan yang diujikan kepada siswa kelas 2 dalam UTS Praktek SBdP (Seni Budaya dan Prakarya). UTS tersebut dilaksanakan pada hari ketiga UTS, pada hari Kamis (03/03) kemarin.

Bagi siswa yang mempunyai alat musik pianika diperbolehkan untuk membawanya ke sekolah, sedangkan siswa yang tidak mempunyai alat musik pianika, maka akan dipinjamkan alat musik kolintang yang ada di sekolah. Karena jumlahnya yang terbatas, maka siswa akan memainkannya secara bergantian.

Bagi siswa yang memainkan alat musik pianika, diwajibkan untuk membawakan lagu Suwe Ora Jamu, dan bagi siswa yang memainkan alat musik kolintang harus membawakan lagu Gundul-Gundul Pacul. Wali kelas memberikan waktu kepada siswa untuk berlatih bersama-sama dengan teman-temannya. Bagi siswa yang sudah bisa, dipersilakan untuk maju kedepan kelas untuk diambil nilai.

“Dalam ulangan SBdP kali ini, saya tidak mengajak siswa untuk membuat karya seni, melainkan memainkan alat musik. Supaya siswa bisa memainkan alat musik sederhana, dan supaya siswa juga bisa mengenal dan mempelajari not lagu,” Ungkap Mirnawati selaku wali kelas 2 SD Juara Cilegon.***

Newsroom/Mirnawati

Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi