PRAMUKA SIAGA SD JUARA BATAM JELAJAH ALAM KE TELAGA BIDADARI

BATAM. Sebanyak 49 anak-anak Pramuka Siaga SD Juara Batam jelajah alam ke Telaga Bidadari yang berada dikawasan Hutan lindung Muka Kuning, Selasa (18/12). Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian, keberanian dan rasa tanggung jawab para siswa sejak dini.

70 menit lama perjalanan menuju Telaga Bidadari. Proses perjalanan anak-anak Pramuka SD Juara Batam dilalui dengan mensyukuri dan menikmati alam yang mereka lewati.

“Jelajah alam yang menjadi aktualisasi Dasa Darma Pramuka ke dua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, menjadi bagian edukasi untuk saling menjaga. Memberikan pembelajaran kepada anak-anak untuk saling membantu, menjaga dan melestarikan alam semesta. Pelajaran ini bermanfaat untuk menanamkan rasa syukur anak-anak atas karunia dan ciptaan Allah SWT,” papar Pandhu Alfajir selaku Pembina Pramuka Siaga SD Juara Batam.

Aktivitas anak-anak selama menjelajah alam yaitu menyisir sampah, pengenalan alam, permainan kekompakan, dan materi-materi edukasi mengupas makna cinta alam dan kasih sayang sesame manusia sebagai butir Dasa Darma Pramuka.

“Sudah saatnya kita cintai Alam dengan menjaga dan melestarikannya. Terus menanam agar bumi kita hijau, kaya akan oksigen dan wujudkan udara yang sehat. Terhindar dari polusi udara dan gas berbahaya,” tutur Faisal Anggota PMR SMAN 16 Batam, yang turut menyertai Jelajah alam Pramuka Siaga SD Juara Batam.

 

Newsroom/ Yadi Mulyadi
Batam

Tags :
Konfirmasi Donasi