PROGRAM “READING TIMES” SD JUARA CIMAHI TUMBUHKAN MINAT BACA PARA SISWA

CIMAHI. “Ada jutaan anak-anak di sekolah-sekolah di Indonesia yang tidak dapat membaca dan menulis dengan lancar. Sekolah tersedia bagi mereka, namun pintu pendidikan tetap tertutup,” Begitulah kutipan Jajang Sudarsa, Guru SD Juara Cimahi.

“Miris rasanya jika bagi anak-anak yang bersekolah saja pintu pendidikan masih tertutup, bagaimana bagi anak-anak yang tidak bersekolah” Ujar Jajang.

Maka dari itu SD Juara Cimahi mengusung program “Reading Times” untuk menumbuhkan minat dan kegemaran membaca pada diri siswa, Reading Time dilakukan setiap hari setelah kegiatan kewalikelasan dan sebelum memulai kegiatan KBM selama 15 menit. Para siswa bebas memilih buku yang tersedia di Pojok Baca, pojok baca dan kartu bacapun pun sudah tersedia di tiap.

“Anak-anak tidak perlu merasa khawatir jika waktu membacanya tidak mencukupi untuk menyelesaikan satu buku bacaan karena  setiap anak bisa menuliskan apa yang sudah dibacanya setiap hari di kartu baca” Ujar Jajang.

Komitmen SD Juara Cimahi dalam meningkatkan kegemaran membaca para siswa terbukti dengan pendampingan yang dilakukan untuk siswa kelas 1. Bagi siswa kelas 1 yang belum lancar membaca, Guru juga menyediakan waktu untuk mendampingi para siswa dalam membaca secara individual.

“Siswa yang belum bisa membaca didampingi oleh guru walikela, buku latihan membaca pun sudah disiapkan, setiap anak secara antri dan bergiliran membaca dihadapan Ibu Guru” Tambah Jajang

Selain itu untuk mengukur efektifitas Program Reading Time dilakukanlah evaluasi, setiap anak yang telah menyelesaikan satu buku bacaan, akan mendapat kesempatan untuk menyampaikan apa yang sudah dibacanya di hadapan Guru, hadiah akan diberikan kepada siswa atas apa yang telah dilakukan.

Jajang pun berharap semoga dikemudian hari, anak-anak bukan hanya mampu membaca tapi menjadikan membaca sebagai kebutuhan dan hobi para siswa.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah

Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi