PROGRAM SEDEKAH SAMPAH MENJADI SALAH SATU PENILAIAN LOMBA KEBERSIHAN DAN KETEDUHAN TINGKAT KOTA

SLEMAN. Senin (16/04), tim penilaian lomba kebersihan dan keteduhan kota Kabupaten Sleman mendatangi Huntap Jetissumur, Hunian tetap korban erupsi gunung merapi yang juga merupakan salah satu Desa Berdaya Rumah Zakat yang terletak di desa Glagahharjo, Cangkringan, Sleman.

Penilaian ini melihat beberapa indikator diantaranya adalah pengelolaan sampah, penghijauan dan pemanfaatan pekarangan atau ruang publik, partisipasi warga, sanitasi dan yang terakhir adalah upaya konservasi sumberdaya air.

“ini adalah lokasi dan hari pertama kami untuk melakukan penilaian di seluruh kecamatan di kabupaten seleman. Setiap kecamatan mewakilkan satu desa untuk kami nilai sebagai kandidat untuk kita ajukan sebagai desa sampel penilaian adipura mendatang,” tutur Sri Hartati salah satu tim penilai.

Tim melakukan penilaian dengan mengelilingi kawasan huntap dan melihat semua indikator yang tersedia di kawasan ini.

Salah satu indikator yang dilihat adalah program sedekah sampah yang di inisiasi oleh Rumah Zakat bersama Citasehat Foundation sejak tahun 2013 dan program ini masih berjalan dengan baik hingga sekarang dan memberikan manfaat untuk membantu dana kesehatan di huntap.

Newsroom
Alfian Mubarak / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi