PT. PROCTER&GAMBLE (P&G) BANGUN PAUD JUARA, EMPOWERING CENTRE DAN REVITALISASI POSYANDU

JAKARTA. Sebagai langkah nyata kontribusi terhadap pembangunan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia dalam rangka Merangkai Senyum Indonesia, PT. Procter&Gamble (P&G) menggandeng Rumah Zakat dalam program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Juara, Empowering Centre, dan Revitalisasi Posyandu. Program yang diinisiasi sejak Juni 2010 tersebut kini tengah diimplementasikan di wilayah Ciputat, salah satu Integrated Community Development (ICD) atau wilayah binaan terpadu Rumah Zakat Cabang Jakarta Barat. Dipilihnya wilayah Ciputat sebagai titik implementasi didasari hasil survey dan verifikasi Rumah Zakat bahwa wilayah itu dinilai layak, selain karena sebelumnya di wilayah tersebut sudah dilaksanakan program pemberdayaan ekonomi bagi korban bencana Situ Gintung dan program beasiswa bagi pelajar dari keluarga tidak mampu.
 
Menurut direktur P&G, Bambang Sumaryanto bahwa P&G sebagai produsen produk Consumer Goods memiliki CSR yang konsen terhadap pemberdayaan Ibu dan Balita. Sepanjang tahun 2008–2009 P&G sudah bermitra dengan UNICEF dalam pendirian PAUD taman Posyandu sebanyak 10 titik di wilayah Sukabumi, dan di tahun 2010 ini P&G memilih Rumah Zakat sebagai mitra pelaksana. Sebanyak 1000 anak yang berusia 2 hingga 6 tahun dari keluarga tidak mampu ditargetkan dalam 1 tahun akan menjadi penerima manfaat program PAUD Juara. Dengan output setiap anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya hingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
 
Demikian pula dengan program Revitalisasi Posyandu yang mentargetkan keluarga peserta PAUD Juara sebagai sasaran pembinaan kesehatan dengan meningkatkan peran posyandu sebagai tempat pelayanan kesehatan tingkat dasar bagi masyarakat. Serta dengan adanya program Empowering Centre akan mengakselerasi keluarga peserta PAUD kearah kemandirian.Syamsinar selaku Penanggung Jawab program sangat optimis kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, “Dengan pola yang terintegrasi, adanya program Empowering Centre dan Program Revitalisasi Posyandu akan mengakselerasi pencapaian target program PAUD Juara,” paparnya yakin.
 
Pertemuan pertama dengan para kader dilaksanakan pada Kamis (23/9) pukul 13.00 WIB yang bertempat di Aula Kelurahan Rempoa. Tim Project PAUD beserta Relawan Rumah Zakat, mengadakan acara koordinasi bersama kader PAUD Posyandu Ciputat dan Ciputat Timur. Peserta yang hadir berjumlah 73 orang kader.  Walaupun acara diselenggarakan pada siang hari para kader ini tetap antusias mengikuti kegiatan hingga akhir. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang mereka lontarkan setelah pemaparan seputar program yang akan dilaksanakan di ICD Rempoa ini. Salah seorang peserta bertanya mengenai target yang harus dicapai untuk keberhasilan program ini. Syamsinar menjelaskan bahwa pencapai target program ini adalah dengan terposyandukannya 1000 anak di ICD tersebut.

Newsroom/Herlan Wilandari
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi