RELAWAN RUMAH ZAKAT BANTU KORBAN BANJIR DI LAMPUNG

LAMPUNG. Kondisi Desa Kubu Perahu, RT 01/RW 001 Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat pada (30/11) sudah tidak terendam banjir karena banjir bandang yang terjadi sudah surut. Puing-puing dan matrial kayu sisa banjir pun sudah 99% dibersihkan oleh masyarakat sekitar, sehingga daerah yang terdampak banjir sudah kondusif seperti biasa.

Desa Kubu Perahu ini dihuni oleh sekitar 96 KK yang total seluruh warganya berjumlah 425 jiwa. Akibat banjir tersebut terdapat sekitar 5 rumah warga yang hanyut terbawa arus banjir bandang tersebut. Selain itu, ada rumah yang hanyut akibat banjir juga ada satu orang korban jiwa meninggal dunia dikarenakan tertimpa pohon yang roboh sebelum terjadinya banjir.

Hujan yang terus menerus tak kunjung reda dan angin yang cukup kencang membuat sedikitnya 7 titik longsor serta 4 pohon dipinggir jalan yang tumbang sempat menghambat perjalanan tim relawan Rumah Zakat menuju lokasi yang terdampak banjir.

“Tidak ada evakuasi yang dilakukan oleh BPBD setempat atau pemerintahan setempat karena lokasi yang jauh dari daerah pemerintahan sehingga minimnya informasi bahkan untuk sinyal alat komunikasi pun tidak terjangkau karena letak Desa yang berada ditengah Hutan Taman Bukit Barisan. Tim yang membantu membersihkan puing-puing sisa banjir hanyalah warga warga yang ada di Desa tersebut dengan bergotong royong.” kisah bapak Karyono (42), ketua RW Desa Kubu Perahu.

Adapun bantuan yang diberikan Relawan Rumah Zakat adalah memberikan bantuan sembako kepada warga, dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk berhati hati karena kondisi cuaca yang masih berbahaya karena hujan yang terus menerus turun dan angin kencang.

“Hari ini kita akan menyalurkan bantuan berupa sembako kepada warga Desa Kubu Perahu yang rumahnya terdampak banjir.” Ujar relawan Rumah Zakat. “selain itu ada bantuan mendesak yang dibutuhkan korban seperti selimut dan logistic berupa beras, sayur, lauk pauk.” Tambahnya.

 

Newsroom/Ratih
Lampung

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi