RELAWAN RZ DATANGI MARKAS DAMKAR UNTUK BELAJAR MANAJEMEN BENCANA KEBAKARAN

RZ LDKO CilegonCIREBON. Pada hari Senin (20/04) Relawan RZ cabang Cirebon kembali mengadakan kegiatan reguler berupa kampus relawan. Dimana Kampus Relawan ini merupakan perbekalan materi untuk meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) Relawan Rz. Kali ini kampus relawan bekerja sama dengan Dinas Damkar (Pemadam Kebakaran) Kota Cirebon, dengan materi mengenai siaga kebakaran.

Materi disampaikan oleh salah satu personil pemadam kebakaran Bapak Nurjaman. Sebanyak 17 relawan mengikuti kampus relawan ini dengan penuh keantusiasan yang luar biasa. Dapat dilihat dari semangat mereka dalam mengikuti pelatihan tersebut. Relawan menyimak dengan baik apa yang disampaikan oleh pemateri. Banyak pengetahuan baru yang didapatkan dari Bapak Nurjaman. Dengan jelas Pak Nurjaman memaparkan materi dasar terlebih dahulu kepada relawan. Tujuannya, agar apa yang disampaikan dapat diterima dengan mudah.

Pemateri berharap, para relawan tidak hanya mendapatkan didikan teori saja. Akan tetapi, perlu juga adanya praktek langsung, agar relawan lebih cepat paham dan mengerti dalam penanganan kebakaran yang sesungguhnya. Karena biasanya teori lebih sulit dibandingkan dengan praktek. Di akhir materi, para relawan diperkenalkan dengan APAR (Alat pemadam api ringan) dan diperlihatkan juga salah satu alat pemadam api ringan serta dijelaskan cara penggunaan alat tersebut. Beruntung sekali bagi para relawan yang mengikuti kampus relawan kali ini. Dimana materi ini belum tentu didapatkan disembarang tempat.

“Acara kampus relawan ini bisa menambah pengetahuan baru, materinya sangat bermanfaat untuk para relawan, kalau bisa harus ada prakteknya juga, dan semoga kegiatannya bisa terus berlanjut”, ungkap Intan Sholihat. Salah satu relawan RZ Cirebon yang mengikuti kegiatan kampus relawan.

“Senang sekali bisa mengikuti kampus relawan, apalagi kalau materinya menarik, mudah-mudahan lewat kegiatan ini bisa menjadi pembekalan yang matang untuk para relawan baru, dan dapat bistiqomah dalam berkiprah di kegiatan relawan selanjutnya,” tutup Nuraeni selaku penanggung jawab kegiatan reguler kampus relawan tersebut.***

Newsroom/Tanzila
Cirebon

Tags :
Konfirmasi Donasi