RELAWAN RZ PADANG GELAR PELAJAR SIAGA BENCANA DI PADANG

PARELAWAN RZ PADANG GELAR PELAJAR SIAGA BENCANA DI PADANGDANG. (29/04). Relawan RZ Padang kembali melaksanakan Program Reguler Pelajar Siaga Bencana (PSB) bersama sekolah binaan SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Sebanyak 31 orang siswa SMA Pembangunan terlihat sangat antusias mengikuti materi Pertolongan Pertama mengenai “Cedera Anggota Tubuh (Rangka, Sistem Gerak & Tulang)” yang disampaikan oleh mahasiswa dari KSR-PMI UNP.

Pertolongan Pertama (PP) bertujuan untuk membuat keadaan penderita menjadi stabil, mengurangi rasa nyeri, ketidaknyamanan dan rasa cemas, menghindarkan penderita dari cacat dan mencegah kematian.
Arif Budiman mengatakan, “Pertolongan Pertama merupakan pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit/cedera/kecelakaan yang membutuhkan penanganan medis dasar.”

Selain dari itu, Koordinator Relawan RZ Padang, Padri Akbar juga memberikan penjelasan mengenai Kotak PP kepada Siswa SMA yang berisi peralatan penunjang seperti perban, mitela, obat merah, oksigen, kain kasa, cairan antiseptik, bidai, kapas, dan lain – lain.

Setelah selesai pemberian materi dari KSR-PMI, siswa SMA Pembangunan Laboratorium diminta langsung untuk memparaktikkan Pertolongan Pertama pada kecelakaan patah tulang.

Newsroom/Anto
Padang

Tags :
Konfirmasi Donasi