RUMAH WAKAF INDONESIA DAN RZ SUPPORT PEMBANGUNAN JEMBATAN CISEEL

RUMAH WAKAF INDONESIA DAN RZ SUPPORT PEMBANGUNAN JEMBATAN CISEELCIAMIS. Jembatan Ciseel merupakan jembatan gantung yang menjadi akses utama jalan warga Kampung Linggasari, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis selama 36 tahun. Jembatan Ciseel berdampak langsung bagi lebih dari 700 orang kepala keluarga.

Jembatan ini memisahkan tiga wilayah tertinggal dengan pusat kecamatan Cidolog yaitu Wilayah Sinaraja, Wilayah Lintung Picung dan Wilayah Lingga. Sekolah SD yang berada di Desa Ciparay, SMP dan SMA berada di pusat kecamatan Cidolog demikian halnya dengan pusat ekonomi dan Kesehatan.

Sebagian besar masyarakat Ciparay berprofesi sebagai petani dan buruh bangunan. Setiap hari warga dan anak-anak sekolah Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis harus berjuang melawan bahaya. Bila warga hendak pergi ke luar desa mereka harus melewati jembatan gantung Ciseel yang sudah usang yang terbuat dari bambu yang disusun alakadarnya. Sehingga tidak ada jaminan untuk keselamatan saat melintas di atasnya.

Jembatan Ciseel yang panjangnya 63 meter ini dibangun terakhir pada tahun 1980, jembatan tersebut pernah ambruk pada tahun 1988 yang mengakibatkan 20 warga terhanyut di bawah derasnya sungai. Hingga saat ini belum ada bantuan dari pemerintah untuk memperbaiki jembatan tersebut secara layak. Selama ini masyarakat secara gotong royong harus mengganti lantai jembatan yang terbuat dari bambu setiap minggunya dari dana masyarakat yang dikumpulkan secara sukarela.

Maka dari itu, Rumah Wakaf Indonesia (RWI) menjadi pelopor dalam membangun jembatan Ciseel guna memberikan bantuan berupa jembatan yang layak untuk masyarakat di sana. Pembangunan dimulai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 23 Mei 2016 lalu.

Sejak hari pertama, RWI sudah mulai proses pembangunan boplang, pengangkutan batu, dan pasir. Hingga saat ini pembangunan jembatan Ciseel masih memerlukan bantuan dana.

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan dari para donatur RZ melalui sharinghappiness.org sedikitnya dapat membantu mengurangi kebutuhan biaya untuk proses pembangunan jembatan ini. Saat ini proses yang sudah dijalani yaitu berupa pembetonan angkur dan sedang dalam tahap proses pabrikasi baja.” ungkap Nur Shyfa, Project Monev RZ pada Ahad (11/08).

Selain tukang bangunan, masyarakat di sana juga saling membantu dan bergotong royong dalam membangun jembatan ini karena merupakan fasilitas umum yang digunakan bersama dan sudah menjadi impian mereka sejak lama untuk mendapatkan jembatan yang layak.

 

 

Newsroom/Nur Shyfa
Ciamis

Tags :
Konfirmasi Donasi