RUMAH ZAKAT ADAKAN PELATIHAN BIOPLASTIK

RUMAH ZAKAT ADAKAN PELATIHAN BIOPLASTIKBOGOR. Saat ini penggunaan plastik semakin marak digunakan, tidak hanya di Kota Bogor, tetapi hampir di semua daerah, bahkan sampai di daerah desapun pastik sangat mudah didapatkan. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kebersihan lingkungan yang akan mencemari sungai dan perairan.

Salah upaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik yang sering digunakan oleh industri rumah tangga, maka Rumah Zakat mengadakan pelatihan pembuatan bioplastik dengan menggunakan singkong. Pelatihan tersebut diselenggarakan di rumah warga yang berlokasi di kampung Nagrog RT.002, RW 012, Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang diselenggarakan pada Ahad, (30/04).

Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki keterampilan, salah satunya dengan membuat bioplastik. “Hasil dari bioplastik ini akan digunakan untuk kemasan makanan yang diproduksi oleh industri rumah tangga, seperti risoles, lemper dan dadar gulung.” Ujar Elan Jaelani Fasilitator Desa Berdaya.

Makanan yang dikonsumsi oleh konsumen tetap aman karena berbahan dasar organik. Dengan demikian, kemasan yang dibuang bekas makanan tersebut akan cepat hancur. Berbeda dengan plastik biasa yang memerlukan ratusan tahun dalam proses peleburannya.

“Semoga dengan adanya inovasi ini masyarakat bisa menduplikasi penggunaan bioplastik agar dapat mengurangi penggunaan sampah plastik, terutama pada industri-industri makanan, karena sampah merupakan tanggung jawab produsen dan kita semua termasuk produsen sampah yang berarti harus ikut serta bertanggung jawab” Tambah Elan.

Newsroom/Dian Ekawati

Bogor

Tags :
Konfirmasi Donasi