RUMAH ZAKAT BERDAYAKAN EKONOMI PETERNAK KELINCI

Rumah Zakat Berdayakan Ekonomi Peternak KelinciREPUBLIKA.CO.ID, CILACAP . Karyoto, penerima manfaat Rumah Zakat (RZ) kini semakin baik menangkap peluang untuk beternak kelinci. Dia merupakan salah satu yang berhasil dalam program yang dilaksanakan di Desa Cibalung, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap.

Karyoto yang pada awalnya diberi 2 ekor kelinci, dalam satu bulan telah bisa mengembangkan kelincinya hingga memiliki 17 ekor anak. Pria kelahiran tahun 1985 ini merupakan peternak yang paling apik dalam memelihara kelinci. Ia memanfaatkan dengan baik peluang dalam program pemberdayaan kelinci yang ditawarkan oleh RZ. Menurut pengakuan Karyoto, beternak adalah salah satu keahlian yang dimilikinya.

Rumah Zakat Kembangkan Penanaman Bibit

“Dulu sebenarnya pernah ikut program pemberdayaan bibit albasia. Tapi bibitnya mati. Akhirnya saya coba untuk ikut program ternak kelinci. Alhamdulillah, karena saya lebih senang beternak akhirnya bisa sampai beranak banyak kelincinya,” kata Karyoto, Jumat (27/1).

Meski sebelumnya dalam program ternak kelinci pun Karyoto pernah mengalami kegagalan, namun dengan semangat dan usahanya mencoba kembali, akhirnya Karyoto pun berhasil dalam program ternak kelincinya. Untuk mencari tahu tentang seluk beluk pemeliharaan serta pengembangan ternak kelinci, Karyoto juga mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh RZ untuk program tersebut.

Selain bertani dan beternak kelinci, Karyoto juga bekerja sebagai pegawai pabrik penggilingan padi. Lewat pekerjaan barunya memelihara kelinci ini, Karyoto berharap bisa menambah pemasukannya untuk menghidupi istri dan kedua anaknya.

Sumber : http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/wakaf/17/01/27/okfj38368-rumah-zakat-berdayakan-ekonomi-peternak-kelinci

Tags :
Konfirmasi Donasi