RUMAH ZAKAT KALIMANTAN SELATAN RAIH OPINI SESUAI SYARIAH DARI KEMENAG PROVINSI

KALSEL (15/11). Proses memang tidak akan mengkhianati hasil. Setelah menjalani proses pengawasan kelembagaan dan audit kepatuhan syariah oleh team dari Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, dihari yang sama Rumah Zakat Kalimantan Selatan mendapat pemberitahuan atau Opini yaitu Sesuai Syariah.

Ada 4 Aspek yang menjadi penilaian dan diperiksa dalam pengawasan kali ini yaitu aspek management kelembagaan, aspek pengumpulan, aspek pendistribusian, dan aspek amil dan kelembagaan.

Dalam prosesnya metode pengawasan yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode konfirmasi langsung dengan pemeriksaan berkas dan dokumen.

Menurut Muhammad Luthfi Alfin branch manager Rumah Zakat Kalimantan Selatan pelaksanaan audit ini merupakan implementasi sebagaimana diatur dalam pasal 17 UU nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan PP nomor 14 tahun 2014 tentang pelaksanaan UU nomor 23 tahun 2011.

Menurutnya pendistribusian dana zakat, infak, shodaqoh di Rumah Zakat berbasis desa berdaya, untuk saat ini ada 9 total desa berdaya dari total 20 target untuk wilayah Kalimantan Selatan. Desa berdaya sendiri adalah program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa.

Melalui pendekatan terintegrasi yaitu program Capacity Building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiapsiagaan bencana, dengan target tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal yang berdaya untuk mengatasi permasalahannya sendiri serta berkolaborasi dengan pihak lain terutama pemerintah desa.

Alfin juga menyampaikan per tahun 2018 di Rumah Zakat Kalimantan Selatan sendiri terdapat pemberdayaan ekonomi dan lingkungan seperti Urban Farming juga Bank Sampah. Untuk Program Pendidikan sendiri terdiri dari Beasiswa Anak Juara, Pesantren Ramadhan, berbagi bersama Yatim dan bimbingan baca tulis Al-Qur’an dengan total penerima manfaat sebesar 772 orang.

Sedangkan untuk program kesehatan meliputi siaga sehat, posyandu balita, posyandu lansia, kebun gizi, pengantaran ambulance dengan total penerima manfaat sebanyak 9669 orang.

“Terima kasih atas segala support dan do’a dari warga Kalimantan selatan selama ini kepada Rumah Zakat sehingga dalam audit tahun ini meraih Opini Sesuai Syari’ah.” Ungkap Muhammad Luthfi Alfin selaku branch manager Rumah Zakat Kalimantan Selatan.

Newsroom
Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Konfirmasi Donasi