RUMAH ZAKAT MERESMIKAN DESA BERDAYA DI NUSA TENGGARA BARAT

LOMBOK. Penanganan bencana gempa di Nusa Tenggara Barat telah memasuki fase Rehabilitasi dan Rekonstruksi, dimana di fase ini pembangunan infrastruktur dan perekonomian mulai dilakukan. Karenanya Rumah Zakat turut ambil bagian membantu pemerintah dalam proses pemulihan ini.

“Kami menggulirkan 5 program utama pada fase ini, yaitu pembangunan huntara (hunian sementara), pembangunan sekolah darurat, pembangunan masjid, pembangunan toilet komunal, dan pembangunan pasar berdaya,” jelas CEO Rumah Zakat, Nur Efendi.

“Tujuan utamanya adalah kami ingin mengembalikan keberdayaan masyarakat Nusa Tenggara Barat yang sempat hancur karena gempa 7.0 SR akhir Agustus lalu,” tambahnya.

Untuk membangun kembali NTB secara berkelanjutan, Rumah Zakat pun meresmikan Desa Berdaya di Desa Pamenang Barat, Kabupaten Lombok Utara pada hari Rabu, 24 Oktober 2018.

“Desa Berdaya adalah program pemberdayaan desa yang berkelanjutan dengan mengintegrasikan rumpun program pemberdayaan dalam satu wilayah yang terdiri dari program utama berupa pemberdayaan ekonomi dan capacity building, dan program pendukung yang meliputi program pendidikan, kesehatan, dan lingkungan,” terang Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda.

“Kami menargetkan untuk dapat membangun 3 Desa Berdaya di Nusa Tenggara Barat hingga akhir tahun 2018 ini di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat dan Sumbawa,” tuturnya.

SUPERQURBAN MENJADI BAGIAN DARI PEMBERDAYAAN BERKELANJUTAN

Superqurban adalah program optimalisasi qurban dengan mengolah daging qurban menjadi makanan siap saji berupa kornet dan rendang yang dapat didistribusikan sepanjang tahun.

Sejak fase tanggap darurat bencana gempa digulirkan di NTB, Rumah Zakat telah mendistribusikan 78.000 dari 100.000 paket Superqurban untuk memenuhi kebutuhan pangan warga terdampak bencana.

“Superqurban tak hanya menjadi solusi efektif pemenuhan kebutuhan pangan saat terjadi bencana, tapi juga me jadi solusi pemenuhan kebutuhan pangan yang berkelanjutan,” papar Murni.

“Dengan adanya Desa Berdaya, kami tidak hanya akan melakukan pemberdayaan ekonomi, tapi juga memantau pemenuhan gizi warga, salah satunya dengan distribusi Superqurban secara berkala,” pungkasnya.

Newsroom
Yadi Mulyadi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi