RZ BANTU USAHA KUE ONDE KETAWA

RZ_Pak Irawan Onde Ketawa2BANDAR LAMPUNG. Warga binaan RZ cabang Bandar Lampung yang bernama A. Irawan  dan akrab dipanggil Irawan, lahir di : Teluk Betung, 28 Januari 1972, 41 tahun yang lalu. Ia tinggal di Jl. Yos SUdarso, Gg. Ketapang, RT 11, LK 1 Sukaraja Bumi Waras TBS Bandar Lampung. Usaha yang digeluti dan sedang dikembangkannya adalah usaha Roti Tape dan Onde Ketawa,  Usahanya ini bernama  Kue Onde Ketawa

Usaha ini dimulai oleh Irawan sejak 7 tahun lalu tepatnya tahun 2006. Awal produksi usahanya hanya bisa memproduksi roti tape saja karena kekurangan modal dan sarana usaha. Hasil produksi dititipkan ke warung-warung yang ada disekitar rumah, karena pemasarannya yang cukup baik, maka usaha kue tape ini dipasarkan ke pasar dan toko-toko kue yang ada di sekitar Kecamatan Teluk Betung Selatan.

Adapun jumlah produksi yang bisa dilakukan waktu itu hanya 40 kotak setiap harinya karena keterbatasan modal dan sarana usaha. Pada tahun 2010, ia kembali menambah varian usahanya berupa Onde Tertawa, karena modal tape dan roti cukup mahal sehingga untung yang didapatkan sangat tipis.

Setelah bertemu dengan RZ tahun 2012, dia dapat bantuan modal dan sarana usaha berupa kompor gas dan alat-alat dapur, sehingga jumlah produksi sudah bisa ditingkatkan dari jumlah produksi 40 kotak perhari menjadi 100 kotak sampai 120 kotak dengan harga perkotaknya Rp 4000.

Usaha Kue Tape dan Onde Ketawa ini  bisa memenuhi kebutuhan harian rumah tangga dan menyekolahkan anaknya. Roti Tape dan Onde Ketawa ini merupakan sumber utama pendapatan keluarga.

Berkat bantuan modal dan sarana usaha dari RZ, usahanya kini semakin lancar dan saat ini ia sudah memiliki  THP  Rp2 Juta 250 ribu.

Kini, Irawan memiliki keinginan besar untuk bisa mengembangkan usahanya dengan cara menembus seluruh pasar dan mini market yang ada di Kota Bandar Lampung.***

Newsroom/Muhamad Syajeansyah
Bandar Lampung

Tags :
Konfirmasi Donasi