RZ BIMBING MASYARAKAT TERNAK CEGAH PENYAKIT PADA HEWAN

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Musim penghujan tiba, artinya beberapa penyakit yang rentan menyerang peternak mulai menyerang. Bahkan harus berakibat fatal kematian jika tidak segera diantisipasi. Salah satunya yang menimpa peternak binaan RZ, Sakub di desa Cisaat yang hewan ternaknya mengalami lumpuh dan kejang.

“Musim penghujan memang musim yang sangat rentan untuk hewan ternak terjangkit penyakit, baik penyakit karena musim, maupun karena penyakit tularan,” tutur Nana Hidayat selaku pendamping Masyarakat Ternak Nusantara, Rabu (04/01) lalu.

Terkait tersebut banyak yang harus diperhatikan saat musim penghujan tiba, khususnya bagi peternak kita. Saat musim penghujan seperti ini, cuaca sangat tidak menentu dan juga banyak berubah. Musim penghujan begini, terkadang suhu pun ikut turun dan menjadi lebih dingin. Perubahan suhu yang terlalu ekstrim dan tidak menentu dapat mengganggu kesehatan hewan ternak.

Salah satunya antisipasinya adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan kandang serta menyediakan vitamin serta obat-obatan yang kemungkinan banyak terjangkit saat musim penghujan tiba. ”Kami selalu sigap menangani dan menghindari kematian hewan, tapi terkadang ada yang diluar kendali kita,” tambah Nana kembali.

Selain menjaga serta memantau perkembangan para peternak binaan, pendamping yang dalam hal ini selalu sigap membantu peternak.

“Tentu ada kuasa yang tidak bisa kita hindari, insyaAllah kami upayakan untuk bsa mengganti hewannya agar mereka termotivasi kembali dalam berternak,” tuturnya.

Newsroom/Hartini
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi