RZ PEKANBARU GELAR EKPSEDISI RAMADHAN KE SUKU TALANG MAMAK

RZ PEKANBARU GELAR EKPSEDISI RAMADHAN KE SUKU TALANG MAMAKRIAU. RZ Pekanbaru mengutus 6 orang relawan ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Kecamatan Batang Gangsal Kabupaten Indragiri Hulu untuk melaksanakan program Ekspedisi Ramadhan dengan tema “Menebar Cahaya Qur’an di Kampung Pedalaman”, Selasa (21/06) malam.

Relawan RZ memilih lokasi ini dengan alasan lokasi ini sangat jauh dan sulit dijangkau. Selain sulit, tempat ini pun masih sangat terisolir dari keramaian kota. Dusun nunusan ini adalah salah satu dusun berpenduduk muslim yang bersuku talang mamak atau sering kita kenal dengan suku yang masih asli yang tinggal di pedalaman hutan belantara. Dusun Nunusan ini terletak di gugusan bukit-bukit indah yang di kaki bukitnya terdapat sungai sungai deras yang indah.

Dusun yang berpenduduk kurang lebih 40 KK ini tidak memiliki satu sekolah pun dan hanya punya taman baca. Taman baca pun hanya memiliki 2 orang guru. Gurunya pun tidak bisa mengajar setiap hari. Karena susahnya akses masuk dan besarnya biaya masuk sampai ke dusun Nunusan ini.

Dusun ini hanya memiliki 1 mushala mungil yang sangat kecil dan panas saat siang mejelang. Dengan keadaan begini relawan RZ tidak patah semangat untuk saling berbagi dalam bentuk materi mau pun moril. Karena itulah tempat ini dipilih oleh relawan RZ Pekanbaru untuk melaksanakan ekspedisinya pada bulan penuh berkah ini.

Kegiatan ekspedisi ini berlangsung dari tanggal (21/06) hingga (25/06). Program yang dilakukan di dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh tepatnya di Dusun Nunusan yakni, penyaluran Al Qur’an dan Iqro’, penyaluran perlengkapan solat, penyaluran kornet Superqurban, penyaluran buku bacaan sekaligus pembuatan perpustakaan sekolah, penyaluran alat tulis beserta kelengkapan kelas, pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan vitamin gratis, serta kegiatan semarak Ramadhan untuk anak-anak Dusun Nunusan yakni dongeng menjelang berbuka puasa, kelas inspirasi, dan mengaji bersama.

Untuk mencapai lokasi penyaluran, dari Pekanbaru dibutuhkan sekitar 6 jam perjalanan darat hingga Desa Lemang, kemudian dilanjutkan 3 jam menyusuri sungai sampai ke Dusun Nunusan. “Program Ekspedisi Ramadhan ini merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya yakni Ekspedisi Bhakti Relawan di bulan Agustus 2015 lalu. Kami berharap program yang dijalankan bermanfaat untuk anak-anak dan warga Dusun Nunusan,” ungkap Fajri Sabti selaku Koordinator Relawan RZ Pekanbaru.

Adapun yang dibawa dalam Ekspedisi Ramadhan ini diantaranya, Al Quran 15, Iqro’ 15, sejadah, mukena, kornet Superqurban 100 kaleng, peralatan kelas (seperti spidol, tinta isi ulang spidol, penggaris), alat tulis, dan sekitar 100 buku bacaan untuk perpustakaan sekolah. Al Quran disalurkan ke dua lokasi yaitu Desa Lemang dan Dusun Nunusan, sedangkan kornet Superqurban disalurkan ke tiga lokasi yaitu Desa Lemang, Dusun Bengayawan, dan Dusun Nunusan.

Selain Syiar Quran sebagai program utama, relawan RZ Pekanbaru juga membuat perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca anak-anak dan kelas inspirasi. “Anak-anak senang dan semangat mengikuti kegiatan karena juga sedang tidak ada guru yang mengajar di sekolah selama ramadhan ini,” kata Ketua RT dusun Nunusan.

Relawan RZ juga mengadakan program kesehatan yaitu pemeriksaan asam urat untuk warga berusia 17 tahun ke atas dan pemberian vitamin untuk anak-anak.

Rendis, relawan yang berprofesi sebagai asisten apoteker tidak menyangka dengan banyaknya warga yang datang untuk memeriksa kesehatan “Alhamdulillah warga antusias dengan program ini, obat-obatan diberi secara gratis sesuai keluhan masing-masing warga,” ucapnya.

Sumber : http://m.utusanriau.co/index.php?/detail/9/23790/rumah-zakat-pekanbaru-taja-ekspedisi-ramadhan-ke-suku-talang

Tags :
Konfirmasi Donasi