SD JUARA CIMAHI BEKALI SISWA DENGAN LIFE SKILL

sd-juara-cimahi-bekali-siswa-dengan-life-skillCIMAHI. Bagi anak usia Sekolah Dasar pendiddikan mengenai life skill tidak kalah pentingnya dengan pendidikan yang bersifat prestatif, pendidikan life skill perlu diajarkan sejak dini karena life skill dapat membangun  sikap  kemandirian,  untuk mendapatkan keterampilan  sebagai bekal untuk bekerja dan mengembangkan diri (skilled orientation). Dan ternyata life skill itu merupakan hal-hal sederhana yang biasa dilakukan misalnya mencuci piring, menjahit kancing baju sendiri, mengantri, menanam pohon, mengepel dan menyapu selain itu kegiatan tersebut menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak.

Di SD Juara Cimahi pembelajaran life skill untuk melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab anak dilakukan dengan mencuci piring. Mencuci piring mejadi agenda harian yang wajib dilakukan oleh siswa dan siswi kelas 2 sehabis makan.

“Cuci piring sehabis makan melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab anak2, minimal dari hal kecil  dari mulai wadah bekas makannya. Setiap selesai makan, langsung cuci piring supaya menjadi kebiasaan, selain itu anak pun mau tidak mau harus menghabiskan makanannya, sehingga bisa dicuci wadah bekasnya.” terang ibu Suryani guru wali kelas kelas 2 SD Juara Cimahi.

Hal yang menarik dari kegiatan mencuci piring sehabis makan adalah para siswa bisa mendapatkan point bintang pada lembar prestasi lifeskill mereka. Adapun teknisnya setiap siswa akan memperoleh bintang dengan kriteria sebagai berikut: 2 bintang untuk menghabiskan makanan, 3 bintang untuk siswa yang makan buah, 2 bintang jika siswa makan buah, dan 3 bintang jika siswa mencuci wadah makannya.
Tentu saja dengan sistem bintang seperti ini siswa akan termotivasi untuk mencuci bekas makanan mereka masing-masing, terlebih lagi dengan bintang yang mereka kumpulkan mereka bisa mendapatkan reward di akhir bulan.

Menurut pengakuan salah satu orang tua siswa kelas 2 kepada Bu Aan, orang tua merasa senang dengan life skill mencuci piring yang dilakukan di SD Juara Cimahi, selain melatih kemandirian, itu juga bisa sekaligus membantu orang tua. “Saya pengalaman ajah, anak saya pulang sekolah dengan membawa wadah kotor, suka belepotan kena buku. Dengan dicuci dulu dan pulang dalam keadaan bersih, kan jadi enak, saya juga kebantu.” Ucap semangat salah satu ibu dari siswa kelas 2 SD Juara Cimahi.

Newsroom/Jajang Sudarsa
Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi