[:ID]SEDEKAH JELANTAH WUJUDKAN LANSIA BERDAYA DI ABADIJAYA, DEPOK[:]

[:ID]DEPOK, Sabtu (23/11) – Sedekah jelantah menjadi program yang digulirkan oleh Rumah Zakat Depok bersama dengan Yayasan Cita Sehat untuk pemberdayaan lansia warga RW 19 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok. Setiap bulannya, para lansia mengumpulkan jelantah (minyak bekas pakai) yang akan disedekahkan dan ditukar dengan pelayanan pengecekan kesehatan berupa pengecekan kondisi metabolik yaitu tekanan darah, gula darah, dan asam urat.

Pada bulan November ini, alhamdulillah semakin banyak lansia yang hadir. Jika pada bulan lalu ada 60 lansia, pada bulan ini meningkat menjadi 80 lansia. Program ini dapat membantu para kader untuk melakukan pengecekan kondisi lansia untuk mendukung kegiatan posbindu. Rumah Zakat Depok juga menyediakan Kartu Lansia Sehat sebagai pencatatan agar perubahan kondisi lansia tiap bulannya dapat tercatat dan terpantau dengan baik.

Dengan menyedekahkan jelantah, penggunaan minyak bekas pakai menjadi berkurang dan juga pencemaran akibat jelantah bagi lingkungan juga semakin berkurang. Jelantah yang dikumpulkan nantinya akan dijual ke Bank Jelantah untuk dijadikan Biodiesel dan hasil penjualannya akan dikumpulkan menjadi kas dan digunakan kembali untuk kegiatan sosial di wilayah RW 19 kedepannya.

Newsroom

Asih Dwi / Hanaa Afifah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia