SHARING HAPPINESS, RZ BANTU WUJUDKAN FASILITAS SANITASI UNTUK PAK PURWANTO

YOSHARING HAPPINESS, RZ BANTU WUJUDKAN FASILITAS SANITASI UNTUK PAK PURWANTOGYAKARTA. Pak Purwanto (35) merupakan seorang pedagang makanan angkringan yang tinggal di Jl. Bantul KM 5,5 Dukuh Jaranan RT 02, Kelurahan Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Yogyakarta. Sebelum berjualan makanan, Pak Purwanto sudah pernah menjalani berbagai profesi lainnya, seperti, petugas kebersihan, tukang las juga penjual koran. Namun kerja kerasnya ternyata belum dapat membuka pintu rejeki bagi keluarganya, hingga akhirnya pak Purwanto harus berjualan makanan angkringan. Demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga, semua dijalani oleh pak Purwanto.

Pendapatan Pak Purwanto dari hasil dagang hanya sebesar Rp 25.000/hari, ia digunakan untuk biaya hidup Pak Purwanto bersama istrinya, Linda Aprilia (19) dan anaknya yang bernama Dimas (2). Keterbatasan ekonomi keluarga Pak Purwanto mengharuskan mereka tinggal di rumah yang tidak layak. Struktur rumah tanpa pondasi, rangka bangunan menggunakan bambu dengan dinding setinggi 1 meter di sambung dengan anyaman bambu dan berlantaikan tanah.

Fasilitas kebersihan yang ada di rumah Pak Purwanto pun hanya berupa sumur terbuka untuk mengambil air bersih, tidak ada ruang tertutup untuk mandi atau tempat membuang air besar. Selama ini untuk memenuhi hajatnya, keluarga Pak Purwanto memanfaatkan sungai kecil di pengairan sawah.
Kondisi ekonomi keluarga yang serba sulit membuat Pak Purwanto tidak mampu untuk membangun kamar mandi yang layak bagi keluarganya. Harta yang pernah dimiliki pak Purwanto yaitu sepeda motor dan bahkan tabung gas telah habis untuk membangun sumur.

RZ dalam program #sharinghappiness mengajak para donatur untuk peduli dan berbagi kebahagiaan untuk keluarga Pak Purwanto agar fasilitas kebersihan yang layak bisa mereka dapatkan.

Alhamdulillah, dengan adanya bantuan dari para donatur RZ keperluan untuk pembangunan sanitasi rumah Pak Purwanto telah terkumpul. Saat ini proses pembangunan toilet masih dalam proses pembangunan dinding setelah pengerjaan pondasi selesai. Pengerjaan dimulai sejak hari Kamis (20/04) lalu dengan 3 orang tukang. Pembelian bahan material dilakukan secara bertahap dimulai sejak awal pengerjaan. Bahan material yang sudah dibeli yaitu batu bata, besi, dan pasir. Pengerjaan toilet Pak Purwanto ini diperkirakan akan selesai pada pekan ke-2 bulan Mei 2016,” jelas Nur Shyfa, Project Monev RZ.

Newsroom/Nur Shyfa
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi