SIAGA JENTIK, KADER CILIK BINAAN CSF PERIKSA 115 RUMAH DI MEDAN

MESIAGA JENTIK, KADER CILIK BINAAN CSF PERIKSA 115 RUMAH DI MEDANDAN. Pada hari Minggu (03/04) Kader Cilik Peduli Lingkungan mengadakan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk yang dapat menularkan virus dengue dan merupakan penyebab DBD. Kegiatan ini dilakukan di rumah warga Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Selayang khususnya Lingkungan 9, 10 dan 12.

Kader Cilik ini berjumlah 30 orang baik laki-laki maupun perempuan yang berusia 10-14 tahun yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).
Para Kader Cilik ini memeriksa jentik-jentik nyamuk di rumah warga secara door to door atau dari pintu ke pintu. Mereka membawa peralatan untuk memeriksa jentik-jentik nyamuk seperti senter, bubuk abate, kertas pencatatan hasil, pulpen, dll.
Mereka pun memeriksa tempat-tempat penampungan air baik di dalam rumah warga maupun di halaman sekitar rumah warga seperti bak mandi, akuarium, vas bunga dan tempat-tempat penampungan air lainnya. Jika ditemukan jentik-jentik nyamuk maka kader cilik memberikan bubuk abate ke pemilik rumah untuk ditaburkan di dalam bak-bak penampungan air.

Ada sekitar 115 rumah warga yang diperiksa oleh Kader Cilik Peduli Lingkungan ini. Selain memeriksa jentik-jentik nyamuk para kader cilik ini pun membagikan brosur kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam keluarga.
Kegiatan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk ini dilakukan rutin setiap hari Ahad di hari libur anak-anak sekolah.

Menurut Vilino Melda Sitepu selaku Public Health Officer Klinik RBG RZ Medan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk “Menurunkan jumlah penderita DBD serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan masyarakat terhadap DBD dan PHBS”.

“Kegiatan ini juga mengajak anak-anak sejak dini untuk peduli terhadap kesehatan lingkungan sekitar, disaat libur tidak untuk pergi ke warnet bermain games,” ujar Ibu Sariani (43), wakil kepala lingkungan 12 Tanjung Sari.***

Newsroom/Vilino Melda
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi