SINERGI RUMAH ZAKAT DAN KEMENKO KESRA, SUKSESKAN EKSPEDISI BHAKTI KESRA NUSANTARA 2012

JAKARTA. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau terluar dan terpencil serta mendukung kegiatan Sail Morotai 2012, Rumah Zakat bersinergi bersama Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) turut menyukseskan Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara 2012. Ekspedisi ini akan dimulai pada 28 Agustus 2012 dan berakhir pada 29 September 2012 di pulau-pulau terluar dan terpencil seperti Maumere/Pulau Flores, Pulau Lembata, Pulau Buru, Pulau Marampit, Pulau Marore, dan Pulau Balabalakang.

Dalam Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara 2012 ini Rumah Zakat akan membantu dalam bentuk paket barang senilai Rp 1.827.250.000,- dengan rincian: 1.000 Paket Kado Lebaran Yatim (baju, tas sekolah, susu, kue, mie dan sirup); 500 Paket Bingkisan Kel. Jompo (beras, mukena/sarung, sajadah, minyak dan sarden); 1.000 Paket Al Quran, 25.000 kaleng Paket Superqurban, dan 10.000 kaleng Paket Siaga Gizi.

Menurut Program Project Management Division Head Rumah Zakat, Noor Yahya Mohammad, kemungkinan konten bantuan akan berubah. “Hingga saat ini produk yang sudah fix untuk disalurkan melalui Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara 2012 yaitu 50.000 paket Superqurban dan 25.000 paket Siaga Gizi. Sedangkan produk lainnya seperti KLY masih kami hitung lagi siang ini berapa yang bisa dikirim,” kata Yahya saat dihubungi pada Rabu (15/8).

Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara 2012 merupakan kegiatan Kemenko Kesra yang melibatkan berbagai pihak seperti Kementerian/Lembaga Negara, BUMN, swasta, dan organisasi masyarakat. Sejumlah menteri dan pejabat negara dipastikan akan mengikuti ekspedisi ini seperti Menko Kesra, Mensos, Sekretaris Kemenko Kesra, Deputi VII Kemenko Kesra, dan sejumlah pejabat lainnya. Adapun peserta lainnya yaitu dari Kementerian/Lembaga Negara, Relawan, Mahasiswa, Wartawan, Group Musik, dan Asosiasi Pedagang. Rumah Zakat sendiri rencananya akan akan mengirimkan 4 orang peserta.

Para peserta ekspedisi akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa (28/8) menggunakan KRI BANDA ACEH (LPD). Mereka akan menempuh rute yang cukup panjang yaitu 3.952 NM dengan estimasi 16 hari di laut (berlayar) dan 14 hari singgah. Adapun rute yang akan ditempuh yaitu Jakarta – Moumere – Pulau Lembata – Pulau Buru – Pulau Morotai – Pulau Marampit – Pulau Marore – Pulau Bala Balakang – Jakarta. Selama ekspedisi, mereka akan mengadakan berbagai kegiatan di pulau-pulau yang disinggahi.

Kegiatan itu adalah Bantuan Sosial: memberikan buku pelajaran, buku agama, peralatan keterampilan, sembako, dll. dari K/L,BUMN,SWASTA; Pasar Murah: menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga murah oleh Asosiasi Pedagang Keliling; Penyuluhan dan hiburan oleh Kementerian/Lembaga Negara dan PAMMI; serta kegiatan penukaran uang yang beredar di masyarakat pulau-pulau terpencil/terluar oleh Bank Indonesia.

“Insya Allah sinergi antara Rumah Zakat dan Kemenko Kesra dalam Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara 2012 akan membantu masyarakat di pulau-pulau terpencil/terluar, sehingga diharapkan tingkat kesehateraan, pendidikan, dan kesehatan mereka akan meningkat,” kata Yahya. ***

Newsroom/Hanifudin Mahfuds
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia