SINERGI TIADA HENTI, DI WILAYAH ICD SEHAT BANGUNTAPAN

rz_pkk propBANTUL. Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap warga. Oleh karena itu, tanggungjawab untuk menciptakan dan memelihara adalah dari seluruh pihak. Pemerintah, Swasta, NGO, tokoh-tokoh masyarakat dan warga masyarakat itu sendiri. Dengan tujuan satu yaitu, derajat kesehatan warga dapat meningkat dan masyarakat  sadar untuk partisipasi aktif dalam pemeliharaannya.

Dusun Kauman, di wilayah Integrated Community Development Banguntapan, Bantul, Yogyakarta membuktikan bahwa partisipasi dari seluruh warga penting dalam peningkatan kesehatan ini. Berbagai kegiatan kesehatan yang mendukung dilaksanakan secara bersama dengan dukungan RZ Yogyakarta. Stimulan program diwilayah ini adalah pengelolaan sampah mandiri masyarakat dengan konsep sedekah sampah. Dari kegiatan ini, warga semakin termotivasi untuk mengembangkan kegiatan kesehatan lainnya. Seperti sehat sehat ahad pagi, penyuluhan edukasi kesehatan, survei jentik mandiri keluarga, kebun gizi, komposter komunal, bank data golongan darah, kelompok lansia sehat (kolase) dan lainnya.

Dengan digelarnya kegiatan ini mengundang banyak pihak untuk berkunjung ke dusun Kauman ini. Termasuk Ibu-ibu dari PKK Propinsi DIY dan Kabupaten Bantul (19/9). Kelompok PKK tersebut melakukan kunjungan sekaligus pembinaan agar dusun Kauman bisa mewakili kabupaten Bantul dalam event Lomba LBS (Lingkungan Bersih Sehat) yang dihelat PKK Propinsi DIY. “Kami melihat banyak potensi kesehatan yang sudah pesat berkembang di dusun ini, dari PKK Propinsi DIY akan melakukan pembinaan bersama-sama tentu saja RZ untuk lebih meningkatkan lagi kesehatan warga disini, syukur nanti bisa terpilih mewakili Bantul dalam lomba,” jelas Ratna perwakilan dari PKK Propinsi.***

Newsroom/Ratna Kusuma
Bantul

Tags :
Konfirmasi Donasi