TANGGULANGI MASALAH LINGKUNGAN, WARGA SEMPU DIRIKAN BANK SAMPAH

RZ LDKO CilegonBEKASI. Untuk menanggulangi problem penumpukan sampah dan efek sampingnya, warga Kampung Sempu RT 04/04 Desa Pasir Gombong, Cikarang Utara Bekasi bersama RZ (Rumah Zakat) Cikarang membentuk Kampung Berseri Bank Sampah Sempu sejak bulan Mei 2014.

Terkait dengan program tersebut masyarakat diberikan pelatihan oleh Mandiri Daya Insani salah satu mitra pemberdayaan RZ untuk menunjang berjalannya program Bank Sampah diantarnya bagaimana memilah sampah, menimbang dan mendaur ulang beberapa jenis sampah menjadi produk hasta karya.

Dengan adanya Bank Sampah Sempu, masyarakat lebih memahami bahwa ternyata sampah bukanlah sekedar barang yang bisa dibuang begitu saja, namun selain nilai jualnya bertambah ketika telah dipilah, sampah juga dapat diolah menjadi berbagai produk hasta karya yang memiliki nilai jual lebih.

Masyarakat bisa bergabung baik sebagi partisipan atau sebagai Nasabah Bank Sampah Sempu. Masyarakat yang ingin menjadi Nasabah Bank Sampah, terlebih dahulu medaftarkan diri menjadi Nasabah.

Untuk Proses menabung Sampah di Bank Sampah Sempu, selain bisa mengantarkan sendiri tabungan sampahnya dapat juga meminta petugasnya untuk mengambil sampahnya di lokasi yang bersangkutan.

Selain menabung sampah Nasabah dan Partisipan juga mendapat pelatihan terkait sampah baik Pemilahan maupun daurulangnya. Nasabah dapat mencairkan dana tabungannya setiap 6 bulan sekali.

Sedangankan sampah yang sudah terkumpul dari para Nasabah dijual setiap satu bulan sekali. Sampah yang dikumpulkan dan kemudian dijual perbulannya sekitar kurang lebih 700 Kg sampah dan dari penjualan tersebut menghasilkan sekitar Rp. 1.500.000,-

“Senang sekali sudah jadi bagian dari nasabah bank sampah Sempu selain bisa menabung juga dilatih agar lebih mandiri dalam pengelolaan sampah keluarga,” ujar salah seorang nasabah Bank Sampah, Sarniti.

Dengan adanya Program Bank Sampah 50 % dari permasalah yang disebabkan oleh sampah dapat terselesaikan, Yang Terbuang menjadi Yang Cemerlang, demikian menurut pelaksana program pemberdayaan RZ Cabang Cikarang, Hafid.***

Sumber : http://www.bekasimedia.com/tanggulangi-problem-lingkungan-warga-kampung-sempu-dirikan-bank-sampah/#.VVuD3QgnOgE.facebook

Tags :
Konfirmasi Donasi