About us

Dilandasi dengan semangat untuk menjadi NGO terbaik dalam menyalurkan kebahagiaan antara para donatur dan juga penerima manfaat, Rumah Zakat tidak hanya berkomitmen menjadi lembaga yang terpercaya, progresif, dan profesional, tapi juga dapat berkolaborasi dengan beragam pihak demi terciptanya pemberdayaan masyarakat Indonesia. Alhamdulillah saat ini Rumah Zakat menjadi salah satu LAZNAS yang paling dipercaya oleh masyarakat.

Tumbuhnya Rumah Zakat sebagai LAZNAS terpercaya tidak terlepas dari sejarah panjangnya yang berawal kelompok pengajian Majlis Taklim Ummul Quro sepakat membentuk lembaga sosial yang concern pada bantuan kemanusiaan. 2 Juli 1998 terbentuklah organisasi bernama Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ).

MILESTONE

1998

Peletakan fondasi dasar LAZ melalui pembangunan kepercayaan masyarakat

2003

Meningkatkan pelayanan zakat melalui pertumbuhan lembaga yang terpadu

2009

Pertumbuhan terpadu menuju LAZ yang sehat, kuat, dinamis, dan kredibel

2014

LAZ profesional yang menjadi model pemberdayaan dana flantropi Islam di dunia

2017

Di tahun 2017 Rumah Zakat bertransformasi menjadi Entrepeneurial Institution, dan meluncurkan platform crowdfunding sharinghappiness.org yang merupakan media kolaborasi antara Rumah Zakat dan masyarakat. Melalui website sharinghappiness.org, masyarakat dapat menuangkan ide sekaligus menyalurkan bantuan untuk berbagai kategori program seperti bantuan kepada anak yatim-piatu dan dhuafa, pembangunan infrastruktur atau program kemanusiaan seperti aksi peduli bencana.

Desa Berdaya yang pada semula adalah Integrated Community Development area adalah salah satu program unggulan Rumah Zakat yang mengoptimalkan dana zakat, infak dan sedekah serta dana kemanusiaan dari para donatur untuk membangun desa melalui program pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan.

2018

Di tahun 2018 Rumah Zakat berkomitmen untuk memberdayakan lebih banyak desa. kini sudah ada 1.259 desa berdaya di 30 kota. Sebanyak 2,912,362 orang menerima layanan manfaat pemberdayaan Rumah Zakat mulai dari program kesehatan, pendidikan, ekonomi, hingga lingkungan.

Di tahun 2018, Rumah Zakat berhasil meraih 1st Champion Indonesia Original Brand Award, 1st Winner Indonesia Best E Mark Award dan mendapatkan penghargaan Anugerah Syariah Republika.

2019

2020

Tahun 2020, Rumah Zakat genap berusia 22 tahun. Selama itu pula, kami sudah memberikan kebahagiaan kepada 34.3 juta penerima manfaat. Selain itu, saat ini Rumah Zakat sudah memiliki 1.620 desa berdaya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berbagai penghargaan juga diraih oleh Rumah Zakat di tahun 2020. Antara lain Rumah Zakat meraih 1st Champion Indonesia Original Brand Award dan GIFA Excellence Award in Zakat Management 2020.

Melalui gerakan Kebahagiaan Indonesia, Rumah Zakat terus berkomitmen dan mengajak semua pihak untuk ikut andil dalam memberikan kebaikan-kebaikan kecil agar bisa melahirkan kebahagiaan untuk seluruh masyakat.