TUTUP HGN DENGAN OLIMPIADE GIZI 2013

RZ_GEMARI2YOGYAKARTA. Puncak peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) 2013, Rumah Zakat bekerjasama dengan PAUD Desa Tamanan dan SD Tamanan menggelar Olimpiade Gizi 2013,  di dusun Kauman, Tamanan, Banguntapan, Bantul Minggu (24/2) . Acara ini diselenggarakan sebagai momentum pengingat dan motivasi kembali untuk berperilaku sadar gizi. Kepedulian akan asupan gizi sangat penting ditanamkan sejak usia dini. Anak-anak dan orang tua PAUD Desa Tamanan mendapat edukasi tentang gizi keluarga melalui media dongeng dan permainan seputar gizi. Selain ini untuk lebih mendukung program pemerintah tentang gizi seimbang, selaku lembaga pendidikan, SD Tamanan pun berkomitmen memasukkan materi kesehatan untuk siswa-siswi SD dengan me-launching Payuguban Mitra Pendidikan dan Kesehatan.

Mengawali Olimpiade Gizi 2013 ini, sebanyak 135 anak dan orang tua PAUD Desa Tamanan mengikuti Gerakan Makan Sayur Sejak Dini (GEMARI) dengan menukar sampah terpilah dengan sayuran yang disediakan panitia. Agenda ini bermaksud guna menumbuhkan kesadarn berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) salah satunya dengan mengkonsumsi sayur setiap hari.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul menyampaikan bahwa “Kegiatan olimpiade gizi ini memadukan program pendidikan dan kesehatan untuk bersama membangun generasi penerus yang sehat intelektual juga jasmani. Merupakan aset berharga bagi bangsa dan negara, karena anak-anak kita sejak dini mendapat asupan gizi yang mencukupi dan orang tua mendapat pendidikan penting tentang gizi anak dan keluarga,” ungkapnya.

Salah satu rencana kedepan setelah kegiatan ini adalah adanya sesi edukasi kesehatan terutama gizi dalam setiap pertemuan PAUD. Pendampingan juga akan dilakukan baik dari Paguyuban Mitra Pendidikan dan Kesehatan, kader kesehatan dan Rumah Zakat.***

Newsroom/Ratna Kusumaningsih
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi