WALI KOTA KEJUTKAN SANTRI TPQ INDONESIA MENDONGENG SURABAYA

SURABAYA. Sebanyak 444 Santri TPQ di Surabaya memeriahkan Indonesia Mendongeng #5 di Masjid Nuruzzaman, Kampus B, Universitas Airlangga, Surabaya pada Senin (25/12). Acara kegiatan tahunan Relawan Nusantara ini, dilaksanakan di 25 kota dan 20 titik se Solo raya. Santri TPQ Cinta Negeri adalah tema yang diangkat pada Indonesia Mendongeng Kali ini.

Acara berlangsung meriah, seru, dan penuh kejutan. Santri TPQ yang hadir sangat antusias. Antusias anak-anak semakin tinggi ketika Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, hadir ditengah-tengah mereka. Bu Risma memberikan nasihat dan motivasi untuk anak-anak agar mereka tidak mudah berputus asa dengan rahmat Allah.

“Jangan sampai lupa, sesulit apa pun keadaan kita, kita masih punya Allah,” kata Bu Risma, di dalam sambutannya.

Bu Risma juga mengajak anak-anak TPQ tersebut untuk selalu berbagi dengan orang yang membutuhkan. Beliau menceritakan tentang dirinya yang harus berbagi mainan dengan anak yatim yang diasuh orang tuanya sejak kecil.

“Kebiasaan itu terbawa hingga saat ini, hingga beliau tidak segan untuk terjun langsung menolong orang yang membutuhkan,” jelas Bu Risma.

Sementara itu, anak-anak merasakan antusias tinggi dari kegiatan yang mereka ikuti.“Senang banget. Dapat banyak bingkisan, jajan, bisa foto dengan shaun the sheep dan power rangers,” ujar Sari, salah satu peserta Indonesia Mendongeng.

“Iya, Ustadznya juga lucu, pakai kostum kaya naruto. Jadi seperti bertemu naruto beneran,” timpal Ani.

Ustadz Marzuki Imron, pendongeng pada acara kali ini memang dikenal sebagai Ustadz Naruto karena kebiasaannya bercerita dengan menggunakan tokoh-tokoh di kartun naruto. Tentunya dengan tetap memasukkan nilai-nilai keislaman dalam ceritanya.

Selain mendengarkan cerita dari Ustadz Naruto dan Bu Risma, santriwan dan santriwati juga diminta untuk menuliskan surat cinta untuk ayah dan ibu mereka. Di saat yang bersamaan, dilakukan pula penggalangan dana untuk saudara-saudara kita yang ada di Rohingya dan Palestina dengan mendatangkan boneka SuQi dan 2 Superhero (Superhero Beramal) yang membuat adik-adik semakin antusias untuk memberikan infaq terbaiknya.

“Saat ada 2 robot keliling yang membawa kotak sumbangan untuk Rohingya saya tidak menyangka anak2 antusias sekali memberikan infaq sebesar yang mereka punya tanpa saya minta atau saya suruh. Subhanallah hal ini bsa mengajarkan anak untuk berbagi dg sesame,” ujar Ustadzah Nia dari TPQ Zahrotul Jannah.

Keseruan acara semakin nyata ketika Iffah, salah satu santri TPQ, maju ke depan untuk menyampaikan sedikit tausiyah. Santri-santri TPQ, pendamping, dan panitia berdecak kagum dengan kepiawaian Iffah membawakan tausiyah tentang hormat kepada orang tua.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize utama yaitu sepeda lipat. Setelah diambil undian, Mia, santriwati dari TPQ Al-Mubarok Keputih, merupakan santriwati yang beruntung mendapatkan sepeda.

“Alhamdulillah, ke sekolah dan main jadi bisa naik sepeda. Sepedaku memang sudah rusak dan belum dibeliin,” ungkapnya dengan perasaan gembira.

Newsroom/ Aditya Evan
Surabaya

 

Tags :
Konfirmasi Donasi