WARGA KAMPUNG MIPITAN SAMBUT POSITIF PROGRAM BANK SAMPAH

RZ LDKO CilegonSOLO. Selain di Kelurahan Jebres, RZ juga mendampingi program Bank Sampah Bengawan Asri di RW 36 Kampung Mipitan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres. Bank Sampah tersebut diresmikan Oktober lalu selepas acara senam sehat yang rutin dilakukan tiap bulan. Pada acara peresmian tersebut juga diadakan kegiatan tukar sampah (botol) dengan bibit sayuran.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan awal dari program Bank Sampah Bengawan Asri yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar mulai memilah dan mengolah sampah menjadi barang yang lebih berguna, bukan hanya sisa limbah rumah tangga yang mengganggu lingkungan sekitar.

Sampai sekarang program bank sampah Bengawan Asri ini masih terus berlanjut. Usaha yang dilakukan para partisipan bank sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan mulai terlihat hasilnya. Rata-rata dari warga kampung Mipitan berharap, bank sampah tersebut bisa menjadi solusi bagi kebersihan lingkungan, selain juga bisa menambah penghasilan harian.

Dengan kondisi unik pemukiman dan corak masyarakat di daerah wilayah Integrated ICD Jebres ini, RZ berusaha menyesuaikan program pemberdayaan yang kiranya dapat diterima dan dilakukan oleh masyarakat di sana. Dan sejauh ini ada beberapa program yang mendapat sambutan positif dari masyarakat Jebres. Salah satunya adalah Kebun Gizi Mandiri yang ada di Dusun Mojosongo. Kebun-kebun sayur yang berada di pekarangan-pekarangan warga tersebut sekarang sedikit demi sedikit dapat membantu perekonomian rumah tangga warga dusun Ngemplak Sutan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah banyak berkontribusi pada proses pemberdayaan ini. Baik itu donatur, pemerintah dan juga masyarakat yang telah banyak membantu kami menjalankan program ini dengan baik,” ujar Nur Efendi, CEO RZ.***

Sumber : RZ Magz #17 Februari 2015

Tags :
Konfirmasi Donasi