YAYASAN DANAMON PEDULI EDUKASI MASYARAKAT TENTANG KEMANDIRIAN SANITASI

CILEGON. Setelah berjalan hampir satu semester, program Pos Kemandirian Sanitasi Yayasan Danamon Peduli di Desa Labuan binaan Rumah Zakat, Kecamatan Mancak, Kab. Serang Banten , telah menunjukan dampak perkembangan yang baik pada masyarakat. Hal ini tidak lepas dari peran serta fisilitator Desa Berdaya, Kader-Kader Bumi ASIH, dan juga masyarakat setempat.

Edukasi dan Pendampingan rutin tentang kesehatan dan sanitasi yang dilakukan oleh Kader Bumi ASIH, Nampak nya berpengaruh kepada masyarakat. Kemauan masyarakat dalam mengelola sanitasi di keluarga nya, sudah mulai ada perkembangan positif. Salah satunya adalah kemauan untuk membuat septicktank dan menabung yang hasil tabungan nya akan digunakan untuk membangun jamban sehat di masing masing rumah. Kondisi sebelum nya, sarana jamban sehat tidak ada sehingga saat BAK dan BAB disembarang tempat.

Pada bulan Februari ini, tabungan jamban sudah terkumpul sebanyak kurang lebih Rp. 300.000 dari kotak tabungan jamban yang dibagikan sebanyak 18 buah kepada masyarakat.

“Harapan nya ke depan masyarakat lebih terbuka lagi pemahaman nya, tentang penting nya jamban sehat,” Ujar Fasilitator Desa Berdaya,

Newsroom / Lailatul Istikhomah

Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi