YBM PLN KALTIMRA PARENTING MENGENAI STUNTING DAN EFEKNYA PADA PERTUMBUHAN ANAK

BALIKPAPAN, Ahad (20/10) – Rumah Zakat Balikpapan bekerja sama dengan YBM PLN Wilayah Kaltimra melaksanakan kegiatan Parenting orang tua Juara wilayah pembinaan Balikpapan Barat Baru Ilir di Mushola Al Fajar Jl. Letjend Suprapto RT 03 Kel. Baru Ilir Kec. Balikpapan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan 1 kali dalam sebulan disaat penyaluran program beasiswa anak juara. Materi yang disampaikan kepada orang tua bisa berupa ilmu agama, pola asuh anak dan kesehatan.

Pertemuan parenting kali ini diisi dengan seputar kesehatan dengan menghadirkan Dr. Fatimah selaku Pimpinan Puskesmas Baru Ilir lokasi pembinaan Anak Juara berada. Tema yang diangkat kali ini adalah ‘Mengenal Stunting dan Efeknya pada Pertumbuhan Anak.’

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

“Selain pertumbuhan terhambat, stunting juga dikaitkan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk. Stunting dan kondisi lain terkait kurang gizi, juga dianggap sebagai salah satu faktor risiko diabetes, hipertensi, obesitas dan kematian akibat infeksi.” Dr. Fatimah menjelaskan.

Dengan materi ini orang tua belajar dan memahami mencegah stunting pada anak dan dapat menularkan pengetahuan kepada orang lain.

Newsroom

Syabania / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi