70 MURID SD JUARA CAKUNG TERAPKAN HIDUP SEHAT

JAKARTA. Rumah Zakat melaksanakan aksi Siaga Sehat di SD Juara Cakung. Dalam aksi Siaga Sehat ini dilaksanakan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan siswa, dan pemberian makanan tambahan kepada 70 siswa.

Dalam sambutannya Rahmat, selaku Kepala Sekolah SD Juara Cakung menyampaikan kepada para siswa, guru, dan orang tua siswa, “Semoga kegiatan ini bisa terus terlaksana, bahkan kalau bisa diadakan rutin setiap bulannya, karena kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk anak-anak”. Selain itu hadir pula dr. Hilmi manager Rumah Bersalin Gratiis Rumah Zakat Jakarta Timur. Dalam pembukaan Siaga Sehat ia berujar, “kali ini, kami mengadakan skrining kondisi kesehatan siswa untuk mengetahui tingkat kesehatan siswa secara umum. Data kesehatan ini akan kami sampaikan ke pihak sekolah, berikut rekomendasi program kesehatan yang perlu diadakan. Misal, jika ditemukan banyak anak yang anemia, berarti sekolah perlu mengupayakan peningkatan gizi anak melalui pemberian makanan tambahan yang kaya zat besi. Anemia dapat mengurangi konsentrasi anak sehingga penyerapan pelajaran kurang maksimal.”

Selain skrining kondisi kesehatan diadakan pula penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kali ini  Rumah Zakat menghadirkan dua penyuluh, dr. Famella dan dr. Hilmi. Pada kesempatan tersebut dr. Famella menerangkan pentingnya mencuci tangan sebelum makan. Takhanya teori yang disampaikan, dr. Hilmi mempraktekkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Untuk mempermudah, dr.Hilmi mengarahkan para siswa dengan menggunakan lagu cuci tangan dengan nada lagu “Ampar-ampar pisang. “Cuci-cuci tangan, jangan lupa sabunnya, di air mengalir, ke semua bagian. Telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, lalu bersihkan kuku dan pergelangan tangan,” ujar dr.Hilmi diikuti oleh 70 siswa SD Juara Cakung. Mulai saat itu seluruh siswa berkomitmen untuk menerapkan perilaku hidup sehat.***
Newsroom/Renaldo
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi