BELAJAR MENJADI PETANI KOTA DI RUMAH HIDROPONIK MUARA

JAKARTA. Sabtu, (20/10), Anak Juara binaan Rumah Zakat diajak untuk belajar menanam dengan metode hidroponik di Rumah Hidroponik Muara, Tanjung Barat. Hidroponik secara sederhana adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Pembinaan kali ini adalah pembinaan gabungan Anak Juara wilayah binaan Tanjung Barat dari jenjang SD hingga SMA. Tidak kurang dari 40 anak mengikuti kegiatan pelatihan hidroponik pada pembinaan kali ini.

Pada kegiatan pelatihan, pertama-tama anak-anak diajak untuk membuat pot dari botol air mineral bekas. Selanjutnya, mereka diberikan benih untuk di tanam pada media tanam berupa rockwool. Benih yang dipakai adalah benih tanaman sawi pakcoy. Tidak lupa, benih tanaman diberi air yang sudah ditambahkan nutrisi.

“Senang dengan pelatihannya yang santai tapi berilmu. Sehingga terinspirasi untuk menjadi petani kota zaman now.” kata Windy, salah satu Anak Juara yang mengikuti pelatihan.

Peserta pelatihan ini adalah penerima manfaat beasiswa Anak Juara dari donatur Rumah Zakat. Selain beasiswa, anak-anak di wilayah binaan mendapat pendampingan berupa pembinaan dan kegiatan-kegiatan edukatif bersama relawan Rumah Zakat.

Newsroom

Rudia Nuryadin / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi