BERDAYAKAN WARGA DENGAN KELOMPOK TANI PALAWIJA

GARUT. Relawan Rumah Zakat kunjungi kelompok tani palawija di Kampung Ciniti, RW 10 Dusun Walahar Sagara Cibalong Garut pada Sabtu, (10/06). Lokasi tanaman kelompok tani palawija yang dikunjungi oleh Relawan Rumah Zakat ada sekitar lima orang, yaitu Pak Jenal, Entang, Ega, Gunawan dan Bu Enok. Dari kelima orang tersebut memiliki tanaman yang beragam, diantaranya ada yang menanam terong, cabe, kacang tanah, jagung dan kacang hijau. Rata-rata lama tanaman sekitar 2-3 bulan lebih, seperti jagung yang ditanam oleh Bapak Jenal yang tanamannya sudah mencapai 3 bulan lebih, sehingga sudah layak jual.

“Jagung yang saya tanam sudah mencapai 3 bulan lebih dan sudah bisa layak jual, tapi saat ini mau dikeringkan dulu hingga butuh waktu satu bulan untuk bisa dipanen. Jagung yang ditanam para petani ini merupakan jenis hibrida, bukan jagung manis, sehingga kalau dimasak setengah matang tidak akan seenak jagung manis.” Jelas Bapak Jenal.

Petani ini dibina dan dibimbing oleh relawan Rumah Zakat dan dihimpun dalam sebuah kelompok Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Mereka yang tergabung dalam UEP semua mendapatkan pinjaman dana bergulir dari Rumah Zakat dengan jumlah pinjaman yang bervariatif, mulai dari Rp. 300.000,- sampai Rp. 500.000,-

Yang dimaksud dengan dana bergulir artinya bahwa uang tersebut dikembalikan lagi secara utuh dengan cara dicicil atau bisa dibayar secara langsung setelah panen. Apabila pinjamannya sudah lunas, mereka juga berhak meminjam kembali apabila membutuhkan.

Para petani mengaku sangat gembira dan terbantu dengan adanya program tersebut. Selain tidak memakai bunga, program tersebut juga sangat membantu produktivitas pertanian untuk meningkatkan pendapatan ekonominya.

“Program yang dibuat oleh Rumah Zakat ini sangat membantu perekonomian kami. Saya menanam timun, modal awalnya hanya Rp. 300.000,- Alhamdulillah sudah bisa menghasilkan Rp. 3.000.000,-“ ungkap Yoga.

Para member kelompok tani palawija di Kampung Ciniti mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah membantu desanya untuk bisa maju dan berdaya. “Semoga semakin banyak warga yang bergabung dan bisa menjadi pemicu bagi para petani yang lain untuk lebih giat dan bersemangat dalam bertani.” ujar salah satu member kelompok tani Palawija.

Newsroom/Wanda Yulianto

Garut

 

Tags :
Konfirmasi Donasi