DEWAN PENGAWAS SYARIAH LAZNAS SELURUH INDONESIA LAUNCHING FORUM DPS

RMOL. Dewan Pengawas Syariah (DPS) Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) seluruh Indonesia sepakat membentuk Forums Dewan Pengawas Syariah (FDPS). Launching dari forum ini berlangsung di Hotel Sofyan Betawi, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (6/11).

Menurut Ketua Tim Perumus FDPS, Oni Sahroni mengungkap, tugas dan fungsi FDPS nantinya adalah sebagai wadah silaturahim, diskusi, serta membahas berbagai hal yang berkaitan dengan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan dana keagamaan lainnya.

“FDPS ini beranggotakan seluruh Dewan Pengawas Syariah Laznas seluruh Indonesia. Forum ini nantinya diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan dan persoalan yang berkaitan dengan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS), mengkaji terkait isu-isu fikih zakat yang berkembang di masyarakat, memenuhi aspek syariah antar DPS, serta mendukung peran Amil dalam dakwah dan edukasi Zakat dalam mengoptimalisasi pengumpulan, pengelolaan dan pendayagunaan zakat,” kata Oni Sahroni yang juga berperan sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah Laznas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Senin (6/11).

Selain itu, lanjutnya, tujuan dibentukknya FDPS ini dalam rangka menguatkan kerja sama dengan Komisi Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) dalam hal perzakatan di Indonesia, mewujudkan sinergi dan keselarasan kerjasama antar seluruh DPS Laznas di Indonesia.

“Jadi, awal wacana pembentukkan FDPS ini bermula dari hasil kesepakatan antara Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang saat itu dihadiri oleh Bapak Amin Summa dengan beberapa Dewan Pengawas Syariah (DPS) Laznas. MDS diharapkan dapat menjalin sinergi dengan Komisi Fatwa MUI,” terang Guru Besar Bidang Ekonomi Syariah dan Ilmu Zakat lulusan Universitas Al Azhar Mesir ini.

Hadir dalam forum ini diantaranya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), IZI, Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid (DPU DT), Lembaga Manajemen Infak, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Baitul Mal Hidayatullah, Yatim Mandiri, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF), Nurul Hayat, perwakilan Forum Zakat (FOZ) serta Ketua Umum MUI Mar’uf Amin.

“Forum ini juga sepekat mengangkat Ketua Umum MUI Pusat, Kyai Ma’ruf Amin untuk menjadi Ketua Dewan Penasihat FDPS,” pungkas Oni Sahroni.

Sumber: http://www.rmoljakarta.com/read/2017/11/06/51612/Dewan-Pengawas-Syariah-Laznas-Seluruh-Indonesia-Launching-Forum-DPS

Tags :
Konfirmasi Donasi